Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!

Jika Teman teman sekalian ingin mengetahui cara memasang AC sendiri di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa hal dan petunjuk berikut ini, agar prosesnya berjalan lancar.

Ya, seperti yang kita tahu, suhu di Indonesia tergolong panas. Suhu yang panas ini tidak lepas dari letak Indonesia yang secara geografis terletak di garis khatulistiwa. Jadi jarak matahari ke permukaan relatif dekat.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai iklim yang lembab. Seperti kita ketahui, kelembapan udara yang tinggi membuat kita merasa kepanasan dan mudah berkeringat.

Situasi ini lebih buruk di kota-kota dengan kepadatan penduduk dan kepadatan penduduk yang tinggi. Perumahan yang padat dan tertutup seringkali menghalangi udara masuk ke dalam rumah. Kemudian pemukiman yang padat juga berujung pada penebangan pohon.

Selain itu, sebagian besar jalan perkotaan sudah beraspal. Jalan aspal hitam tentunya akan lebih banyak menyerap energi panas matahari.

Hal ini membuat udara di perkotaan umumnya lebih panas dibandingkan di pedesaan.

Saat udara semakin panas dan gerah, tak heran jika warga perkotaan lebih memilih menggunakan AC untuk mendinginkan udara dibandingkan kipas angin.

Untuk pemasangan AC rumah sebaiknya dilakukan oleh teknisi servis atau profesional berpengalaman. Pasalnya, pemasangan AC yang salah seringkali dapat mempengaruhi kinerja dan juga dapat merusak AC.

Namun jika Teman teman sekalian merasa cukup berpengalaman di bidang kelistrikan dan perpipaan serta memiliki peralatan yang lengkap, memasang AC sendiri tidaklah sulit. Jika Teman teman sekalian tertarik untuk memasang AC sendiri, berikut beberapa hal yang patut Teman teman sekalian perhatikan.

 

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan

 

Bagi Teman teman sekalian yang baru membeli AC baru dan ingin memasangnya sendiri, ikuti panduan cara memasang AC baru di bawah ini:

 

1. Siapkan Peralatan Instalasi.

Ada berbagai alat dan perlengkapan instalasi yang akan dibutuhkan.

Diantaranya tangga lipat, pita perekat, bracket, dianabol untuk memasang bracket, alat untuk melebarkan ujung pipa AC atau biasa disebut flaring, pipa AC, pemotong pipa AC, kabel sambungan listrik dalam dan luar, kunci pas dan obeng, dan bor listrik. Palu dan pahat untuk membuat lubang pada dinding.

 

2. Temukan Tempat Terbaik Untuk Memasang AC Dalam Ruangan.

Pilihlah tempat yang tepat untuk meletakkan AC indoor Teman teman sekalian agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal.

Adapun beberapa kriterianya, seperti tidak menghadap ke luar, mempunyai ruang pada sisi AC minimal 15 cm, terletak pada tembok kuat dan tinggi minimal 2,13 meter, serta dekat dengan lokasi. ke sumber listrik. Ini adalah poin kedua mengenai cara memasang AC baru.

 

3. Pasang Braket.

Tahap selanjutnya adalah memasang bracket AC internal yang terletak pada box AC internal. Buka kotak dengan hati-hati dan sebaiknya kotak dibalik agar lebih mudah mengambil braket di bagian belakang unit AC.

Setelah mendapatkan brace, pasanglah brace tersebut pada tempat yang telah ditentukan. Usahakan untuk memperhatikan dengan baik agar braket tidak miring karena dapat mengganggu kinerja AC.

 

4. Buat Lubang Pada Dinding Untuk Pipa.

Setelah braket berhasil dipasang, saatnya membuat lubang pada sisi braket untuk menyambung pipa AC eksternal dan internal.

Gunakan palu dan pahat atau linggis untuk membuat lubang dengan ukuran yang sesuai untuk kabel dan pipa.

 

5. Pasang Kabelnya.

Tahap selanjutnya adalah pemasangan kabel yang mengoperasikan aliran arus listrik AC internal dan eksternal.

Buka bagian samping AC dengan obeng yang terdapat pelat tempat kabel-kabel akan disambung. Perhatikan kabel antara kabel negatif dan positif agar tidak tertukar.

 

6. Pemasangan AC Dalam Ruangan.

Setelah dipersiapkan, saatnya masuk ke proses pemasangan AC indoor pada rak yang telah disiapkan. Perhatikan juga pipa dan kabelnya agar dapat ditempatkan dengan benar pada lubang yang dibuat.

Gunakan selotip agar rapi dan membantu memasukkan tabung dan kabel ke dalam lubang. Baru setelah menyambungkan kabel dan tabung, pasang AC dalam ruangan pada braket.

 

7. Pasang AC Luar Ruangan.

Langkah selanjutnya adalah memasang AC outdoor. Sebaiknya unit AC ini ditempatkan pada bagian yang tidak terlalu jauh dari unit AC indoor. Setelah menemukan tempat yang tepat, pasang braket dan pasang unit AC.

 

8. Penyambungan Kabel Dan Pipa.

Setelah kedua unit AC dipasang, saatnya menyambung pipa dan kabel. Potong tabung sesuai jarak yang dibutuhkan antara keduanya, lebarkan ujung tabung dan pasang terlebih dahulu pada internal AC.

Keduanya kemudian disambung menggunakan kunci pas untuk mencegah kebocoran. Untuk memasang kabel dari AC indoor, buka terlebih dahulu bagian atas AC outdoor. Terdapat katup atau pelat tempat kabel-kabel dihubungkan.

 

9. Fase Percobaan.

Setelah itu langkah terakhir adalah menyambungkan kabel power. Kabel dipasang pada bagian samping AC. Jika belum terpasang, cari kabel power di dalam karton lalu sambungkan. Setelah terpasang, colokkan kabel power ke stopkontak terdekat.

Dari penjelasan diatas tentunya teman teman sekalian sudah yakin bisa menginstalnya sendiri. Langkah instalasinya sebenarnya sangat mudah. Demikianlah tata cara dan tata cara pemasangan AC baru sendiri.

Namun terkadang banyak orang mengalami kesulitan karena perbedaan alat yang dibutuhkan untuk instalasi atau keterbatasan waktu. Jika Teman teman sekalian merasakan hal tersebut, Teman teman sekalian bisa menggunakan jasa pemasangan AC baru.

 

Tips Mencari Jasa Pemasangan Ac

 

Jika tutorial cara pasang AC baru di atas tidak memungkinkan Teman teman sekalian melakukannya sendiri. Ada solusi lain. Teman teman sekalian bisa menggunakan jasa pemasangan AC.

Bagi Teman teman sekalian yang ingin mencari jasa pemasangan AC baru, berikut beberapa tips penting untuk Teman teman sekalian:

 

• Pertama, carilah jasa pemasangan AC terdekat. Semakin dekat penyedia layanan, umumnya harganya semakin murah. Hal ini tentu saja berkaitan dengan biaya transportasi.

 

• Kedua, pertimbangkan masalah pengalaman dan kompetensi. Jangan mempekerjakan orang yang tidak memahami pemasangan AC yang benar karena dapat mengakibatkan AC Teman teman sekalian tidak berfungsi maksimal. Teman teman sekalian dapat mempertimbangkan pengalaman penyedia layanan untuk memberikan jaminan lebih.

 

• Ketiga, jangan ragu untuk menawar biaya layanan. Hal ini bertujuan agar Teman teman sekalian bisa mendapatkan biaya servis yang murah dari orang yang ahli dalam memasang AC baru.


Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara memasang AC indoor dan outdoor yang benar.

Jika Teman teman sekalian belum yakin bisa mempraktikkan cara pasang AC baru, gunakan saja jasa pemasangan AC, namun setidaknya Teman teman sekalian paham cara menggunakan dan merawat AC dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance