Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

 

Jika Anda berpikir untuk menjadi freelance, Anda mungkin bertanya-tanya, "Kapan waktu terbaik untuk memulai?" Anda mungkin memiliki komitmen lain, seperti keluarga, pekerjaan lain, dan hobi, yang dapat menyulitkan Anda untuk memasukkan pekerjaan lepas ke dalam jadwal Anda yang sudah sibuk.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan langkah mudah untuk memulai freelancing.

Sama seperti bekerja pada umumnya, menjadi seorang freelancer pun tidak selalu tanpa drama kerja. Orang berkata, “it’s not always all sunshine and rainbows,” artinya Anda tidak selalu merasa bahagia setiap hari. Ada juga hal-hal yang kurang menyenangkan, misalnya berurusan dengan klien tertentu, memenuhi tenggat waktu untuk berbagai proyek yang Anda lakukan secara bersamaan, atau bahkan mengelola beban kerja penuh. Namun, secara teori, kelelahan yang Anda alami mungkin tidak separah saat bekerja penuh waktu. Apalagi jika Anda seorang introvert, energi Anda tidak akan terkuras habis karena harus bertemu banyak orang di kantor. Hal ini akan membuat Anda dapat bekerja secara maksimal.

Teruslah simak untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah awal Anda siap untuk mulai menjadi freelancer.

 

Langkah Awal untuk Memulai Freelance

1. Pilih Bidang atau Fokus Anda (Niche)

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak peluang kerja yang bisa Anda jelajahi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menentukan fokus dan memilih bidang yang paling sesuai dengan minat dan keterampilan Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki bidang sendiri dan berpengalaman di bidang tersebut, tentunya akan lebih mudah dalam mengarungi pekerjaan freelance ini.

 

2. Buat Portofolio

Buat kamu yang masih baru dan belum pernah melakukan pekerjaan sampingan, tenang saja, kamu juga bisa mengambil proyek freelance lho. Berbekal portofolio menarik yang sesuai dengan kebutuhan industri, Anda pasti bisa mendapatkan klien pertama dan melanjutkan pekerjaan freelance Anda dari sana.

 

3. Promosi/Branding

Disadari atau tidak, setiap orang mempunyai mereknya masing-masing. Ada yang terkenal dengan kemampuan bahasanya, ada juga yang terkenal dengan kemampuan komunikasinya, bahkan ada yang terkenal seperti komedian, youtuber, beauty influencer, visual artist, dll. Anda bisa membedakan diri dengan brand yang kuat, baik online maupun offline. Coba saja buat blog atau profil media sosial profesional yang menampilkan keahlian, portofolio, dan pengalaman Anda. Ini akan membantu Anda membangun merek dan menjangkau calon pelanggan.

 

4. Networking

Bergabunglah dengan komunitas atau kelompok freelance atau freelancer dan jalin hubungan dengan mereka. Ini akan membantu Anda belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah lama sukses di dunia freelancing dan mendapatkan tips bagaimana caranya sukses di bidang Anda. Yang tak kalah penting adalah Anda perlu menjaga hubungan dengan pelanggan Anda. Sebab, seringkali klien yang puas dengan hasil pekerjaan Anda akan terus memilih Anda untuk melaksanakan proyeknya.

 

5. Riset industri potensial

Mungkin Anda menyukai jenis pekerjaan tertentu, namun agar tetap relevan di tengah transformasi digital saat ini, Anda juga perlu melihat kembali bidang-bidang yang memiliki potensi untuk masa depan Anda. Misalnya, jika dulu Anda bisa mendapatkan penghasilan tinggi sebagai penerjemah lepas atau interpreter, kini Anda mungkin perlu memperluas bidang spesialisasi Anda dengan keterampilan di bidang bahasa atau penulisan seperti user experiencewriting, copywriting, dan bahkan dilatih dalam hal linguistik atau komunikasi.

 

6. Menentukan tarif atau harga standar

Tarif atau kriteria harga jasa freelance tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan kompetensi, pengalaman dan standar tarif industri Anda. Jika Anda baru memulai, coba lakukan riset untuk menentukan tarif per jam, biaya berbasis proyek, atau model penetapan harga lainnya. Anda juga bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang ini melalui komunitas freelancing.

 

7. Siapkan sistem pembayaran

Jika Anda memiliki skill sales di bidang tertentu, bukan tidak mungkin bisa mendapatkan klien dari luar negeri. Agar tidak bingung, mulailah dengan menyiapkan sistem pembayaran seperti membuat PayPal atau yang lainnya. Hal ini akan memudahkan penerimaan pembayaran dan menghindari keterlambatan pembayaran.

 

8. Membangun strategi pemasaran

Kembangkan rencana pemasaran yang menyoroti bagaimana Anda akan membantu bisnis klien potensial. Bahkan, bagi para freelancer yang sudah memiliki jam terbang banyak, tak jarang mereka malah mempromosikan jasanya melalui newsletter, iklan media sosial, atau bahkan melalui testimoni klien.

 

9. Temukan klien di situs freelance gratis

Dapatkan prospek dan proyek baru di pasar Freelancer tepercaya untuk memaksimalkan jangkauan Anda. Situs-situs tersebut akan kita bahas pada uraian berikut ini.

 

10. Meningkatkan keterampilan

Memulai karir sebagai freelancer atau freelance membutuhkan waktu dan tenaga. Agar tetap relevan dengan niche Anda, penting untuk selalu meningkatkan keterampilan Anda dari waktu ke waktu. Baik Anda sedang mempelajari diri sendiri atau mencari orang yang tepat, Anda dapat mencoba segalanya untuk meningkatkan kemampuan Anda. Namun, jika Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda lebih cepat, tidak ada salahnya mengikuti kursus pelatihan profesional atau kursus online dari tempat yang bagus. Jadi tentunya Anda tidak perlu berkeliling sendiri, pengalaman belajar Anda akan lebih mudah dan menyenangkan dengan mengikuti kursus tersebut, dan selain itu biasanya Anda juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari para praktisi terbaik di bidangnya. bidang mereka. Ini akan membantu Anda mengasah keterampilan Anda lebih cepat.

 

Itulah 10 langkah mudah memulai freelancing yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari memilih niche atau fokus, membuat portofolio, branding, networking, riset industri, strategi pemasaran, penggunaan website freelance, pemilihan sistem pembayaran, hingga peningkatan keterampilan dengan mengikuti kursus sesuai sektor yang dituju; Anda dapat mencoba semuanya sehingga Anda dapat memiliki banyak proyek mandiri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!