10 Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda

Salah satu masalah yang sering muncul pada wajah adalah mata panda. Kondisi ini cukup memprihatinkan hingga banyak orang yang merasa terganggu dengan kehadiran mata panda. Banyak orang mencari cara menghilangkan mata panda. Sebutan mata panda muncul karena adanya warna hitam di bawah mata, mirip panda. Lingkaran hitam di bawah mata ini sebenarnya tidak berbahaya, namun sangat mengganggu.

Mata panda ini bisa muncul pada pria maupun wanita. Pada wanita, mata panda biasanya ditutupi riasan. Namun cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, dan untuk menghilangkan mata panda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan mata panda berikut ini aman dan efektif.

 

Macam-macam Cara Menghilangkan Mata Panda

Ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, antara lain:

1. Gunakan Kompres Dingin

Mata panda terbentuk akibat melebarnya pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa mengompres bagian bawah mata dengan kompres dingin untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Anda cukup membungkus es batu dengan kain bersih atau merendam kain tersebut dalam air dingin, lalu tempelkan pada kulit gelap di sekitar mata selama 15-20 menit.

 

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu penyebab mata panda adalah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas setiap hari hingga kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Kekurangan cairan tubuh bisa membuat Anda lesu dan mata panda menjadi lebih menonjol.

 

3. Gunakan Bahan Alami

Untuk mengurangi warna gelap mata panda, Anda bisa mengoleskan bahan alami seperti minyak almond, gel lidah buaya atau produk perawatan kulit khusus mata yang mengandung senyawa jahe atau kurkumin.

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang mampu mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami tersebut juga dapat melembabkan kulit sekitar mata sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

 

4. Kompres Menggunakan Kantong Teh

Teh, baik teh hitam maupun teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu melancarkan sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres mata selama 15-20 menit dengan teh basah yang sudah didinginkan di lemari es.

 

5. Tinggikan Kepala saat Tidur

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Anda bisa meninggikan kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

 

6. Hindari Minum Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan sehingga membuat mata panda lebih terlihat. Selain itu, konsumsi kopi yang berlebihan membuat Anda terjaga lebih lama sehingga membuat mata panda semakin sulit hilang.

 

7. Gunakan Krim Mata

Beberapa krim mata, seperti yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K atau ekstrak daun teh, diketahui dapat mengurangi kerutan pada kulit dan menyembunyikan mata panda.

Namun, hasilnya tidak bisa diperoleh secara instan. Anda mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda tampak kurang terlihat.

 

8. Tidur yang Cukup

Kelelahan dan kurang tidur adalah salah satu penyebab mata panda yang paling umum. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam setiap malamnya. Hindari kebiasaan tidur terlalu larut atau begadang.

Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk membatasi waktu melihat perangkat, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan, dan menggunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dan peptida amino yang merupakan molekul pro-kolagen. . .

Kandungan tersebut akan meningkatkan produksi kolagen yang membantu mengurangi kerutan, selain melembabkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, berhenti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat membantu menghilangkan mata panda.

 

9. Masker Tomat

Cara menghilangkan mata panda secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan masker tomat. Kandungan likopen dan betakaroten pada tomat mampu mengurangi kerusakan jaringan kulit.

Anda bisa membuat masker tomat sendiri dengan menumbuk tomat lalu mencampurkannya dengan sedikit air jeruk lemon. Aduk hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada area bawah mata. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan masker tomat alami ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

10. Gunakan Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan timun. Sayuran ini sangat segar untuk dimakan. Kandungan air yang tinggi membuat timun efektif menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa langsung memotong timun menjadi irisan tipis lalu letakkan timun di bawah area mata. Biarkan selama sekitar 16 menit. Lakukan secara rutin hingga lingkaran hitam di bawah mata hilang.

 

Penyebab Mata Panda

Warna hitam di bawah mata ini muncul bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Alasan-alasan tersebut antara lain:

  1. Dehidrasi
  2. Terlalu sering menatap layar komputer atau handphone
  3. Efek merokok
  4. Mengonsumsi minuman beralkohol
  5. Kurang tidur atau insomnia
  6. Alergi
  7. Paparan sinar matahari
  8. Faktor genetik
  9. Produksi melanin terlalu banyak
  10. Penuaan
  11. Adanya gangguan tiroid
  12. Infeksi kulit wajah
  13. Penggunaan tetes mata untuk penyakit glaukoma
  14. Mata lelah
  15. Kebiasaan menggosok area bawah mata

Inilah 15 penyebab mata panda yang perlu Anda ketahui. Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata panda, ada baiknya kita mengetahui penyebab mata panda agar solusi mengatasi masalah tersebut tidak salah.

 

Meski bukan merupakan kondisi medis yang serius, Anda tetap perlu berhati-hati jika mata panda tidak kunjung hilang setelah beberapa hari atau minggu.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mata Anda bengkak atau mata panda menjadi hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda di atas. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Beberapa bahan yang dibutuhkan mudah didapat, sehingga cara-cara tersebut bisa Anda lakukan kapan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!