How to Achieve Financial Freedom

Kebebasan finansial atau financial freedom sering menjadi perbincangan karena menjadi dambaan banyak orang. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan hal ini? Pada dasarnya, kebebasan finansial adalah keadaan dimana kita dapat mengambil keputusan yang berbeda-beda (mengenai pembelanjaan) tanpa harus khawatir dengan situasi keuangan kita.

Mencapai kebebasan finansial tentu tidak mudah, apalagi jika tidak dibarengi dengan persiapan matang, perencanaan, dan gaya hidup hemat. Diperlukan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola keuangan sejak dini. Kita juga harus lebih bijak dalam membelanjakan uang.

Sayangnya, diusia produktif, banyak keinginan dan kebutuhan yang harus kita penuhi agar bisa bertahan hidup, hal ini juga berdampak pada kedisiplinan kita dalam mengelola keuangan.

 

Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom?

Meski terkesan sulit, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan mulai sekarang agar lebih cepat mencapai financial freedom. Simak tips berikut ini:

 

1. Mengukur kondisi keuangan saat ini

Kebebasan finansial diukur dari sejauh mana pendapatan Anda mampu menutupi seluruh kebutuhan Anda. Hal ini tidak diukur dari seberapa besar penghasilan yang Anda miliki.

Sederhananya; Bisakah Anda mengukur apakah kebutuhan Anda per bulan dapat dipenuhi dari pendapatan yang Anda terima setiap bulannya? Jika tidak berarti kebebasan finansial belum tercapai.

 

2. Anda memiliki tujuan finansial

Menetapkan dan menetapkan tujuan penting untuk mencapai kebebasan finansial. Hal ini tentunya untuk menetapkan strategi dan tujuan setiap bulannya, misalnya; Anda harus menghemat 20% pengeluaran Anda untuk menambah tabungan Anda bulan ini. Atau Anda harus meningkatkan penghasilan sebesar 30% di bulan berikutnya, dan seterusnya.

 

3. Hidup menyesuaikan dengan kemampuan Anda

Menguasai diri sendiri untuk lebih memahami kemampuan diri dan kebutuhan yang perlu dipenuhi adalah hal yang diperlukan untuk mencapai kebebasan finansial. Hal ini penting agar kita dapat bertahan hidup meskipun dikelilingi oleh lingkungan dan hubungan dengan gaya hidup yang beragam. Jangan mudah terbawa suasana hingga memaksakan diri melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Dengan pengendalian diri yang baik tentunya harta dan pendapatan yang kita miliki akan mampu lebih terjaga nilai dan jumlahnya.

 

4. Menyiapkan anggaran kebutuhan

Untuk memulai kebebasan finansial lebih cepat, setiap bulan kita perlu mendaftar dan memastikan diri bahwa semua cicilan, tagihan, dan kebutuhan lainnya tercatat dan dibayar. Dengan cara ini, Anda juga bisa lebih mengontrol diri untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan memprioritaskan hal-hal yang lebih penting.

 

5. Melakukan penghematan

Periksa dan tinjau anggaran Anda setiap bulan. Adakah yang bisa dipotong agar ukurannya bisa diperkecil lagi? Selain itu, bijaklah dalam menggunakan dana darurat. Jangan biarkan dana darurat Anda berubah inti untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kondisi kebebasan finansial masih jauh dari terpenuhi.

 

6. Membayar seluruh hutang dan cicilan

Entah itu utang atau cicilan, ada baiknya segera dilunasi ketika uang sudah cukup. Semakin sedikit hutang yang Anda miliki, semakin cepat Anda mencapai kebebasan finansial.

 

7. Meningkatkan sumber pendapatan

Anda bisa mendapatkan sumber penghasilan lain dari banyak hal. Membuat usaha sampingan, menambah pekerjaan sampingan, membuat UKM, ikut franchise, dan lain-lain. Dengan memiliki sumber penghasilan lain, diharapkan penghasilan tersebut bisa memenuhi kebutuhan Anda setiap bulannya sehingga penghasilan utama Anda bisa diolah menjadi lebih menguntungkan. aset sampai Anda mencapai kebebasan finansial.

 

8. Menjaga kesehatan

Kami sangat memahami bahwa kesehatan harus dijaga. Investasikan berupa pemeriksaan rutin ke dokter untuk selalu mengetahui kondisi kesehatan Anda. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang terlengkap. Hindari gaya hidup tidak sehat agar nantinya Anda bisa menikmati kebebasan finansial dengan baik.

 

9. Mulailah berinvestasi

Nilai uang yang Anda simpan di masa depan tidak akan sama lagi karena inflasi. Apalagi jika Anda hanya menabung di bank, lama kelamaan uang Anda akan tergerus karena pemotongan pajak atau administrasi.

Lain halnya jika Anda berinvestasi. Apalagi ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih saat ini. Masing-masing jenis memiliki karakteristik, kelebihan, bahkan risikonya masing-masing. Mulailah belajar sekarang untuk memulai kebebasan finansial Anda lebih cepat.

 

Apa yang Bisa Kita Lakukan agar Lebih Disiplin dalam Mengelola Keuangan?

 

1. Pahami dulu keadaan keuangan kita. Pada dasarnya kebebasan finansial tidak diukur dari besarnya pendapatan kita, namun dari besarnya pendapatan tersebut yang mampu memenuhi segala kebutuhan dan keinginan kita, tanpa harus mengorbankan tabungan yang kita miliki.

 

2. Ukur kembali saldo pemasukan dan pengeluaran kita setiap hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Jika terjadi ketimpangan maka harus ada penyesuaian antara pendapatan dan pengeluaran. Masalah ini juga bisa kita atasi dengan mencari penghasilan tambahan melalui freelancing, membuka usaha kecil-kecilan, atau menjadi life planner.

 

3. Cobalah untuk mengevaluasi kembali hal-hal yang memotivasi kita untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Pasalnya, kedisiplinan yang tinggi bisa bermula dari motivasi atau impian yang ingin dicapai.

 

Setelah memahami ketiga hal tersebut, kita bisa mulai mengambil langkah-langkah lain yang dapat mendukung kita untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan, seperti memiliki asuransi sebagai jaring pengaman, serta berinvestasi sebagai sarana membangun kekayaan untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan. masa depan. .

 

Manfaat Financial Freedom

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kebebasan finansial dapat dirasakan ketika aset yang dimiliki seseorang mempunyai jumlah atau nilai yang tetap bahkan menghasilkan keuntungan yang konsisten dan berkesinambungan. Dengan kondisi tersebut tentu banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam mencapai kebebasan finansial:

 

1. Anda tidak lagi bingung bagaimana memenuhi kebutuhan hidup

2. Anda tetap mendapat penghasilan tetap meski tidak bekerja

3. Dapat menentukan waktu pensiun yang tepat

4. Lebih menikmati hidup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!