Cara Mudah Untuk Restart dan Reboot Ponsel Xiaomi Anda

Xiaomi, salah satu pabrikan smartphone asal China, mendominasi pasar di Indonesia.

Bagi Anda pemilik smartphone ini pasti mengetahui cara restart HP Xiaomi. Pasalnya tidak jarang smartphone yang sudah digunakan dalam waktu lama mengalami kendala lemot.

Performa ponsel yang lambat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk bekerja.

Bukan hanya chat atau vcall saja yang lemot, saat membuka aplikasi tertentu maka ponsel akan bekerja keras hingga menjadi lemot.

Ada dua metode alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menyiasatinya. Yang pertama adalah dengan melakukan reboot atau reboot dan jika tidak ada perubahan bisa menggunakan cara reset.

Kedua jenis pengoperasian tersebut dapat dilakukan sendiri tanpa harus menghubungi layanan pelanggan Xiaomi. Mengetahui cara melakukan ini dan dapat melakukannya sendiri akan menghemat waktu Anda dalam memperbaiki ponsel Anda.

 

Cara termudah untuk me-restart ponsel Xiaomi

Istilah reboot berbeda dengan reboot, jadi jangan salah dan bedakan keduanya. Reboot sendiri berarti memulai kembali sistem. Sementara itu, reboot baru saja memulai sistem.

Cara restartnya hampir sama untuk semua tipe HP Xiaomi. Meskipun ketika Anda masuk ke halaman beranda ponsel Anda, Anda tidak akan menemukan menu ini.

Anda juga tidak akan menemukannya di menu pengaturan ponsel Anda.

Jadi tujuan reboot adalah untuk mengatasi bug pada fitur ponsel. Selain itu memori juga akan dibersihkan sehingga RAM menjadi kosong.

Namun perlu diketahui bahwa yang dibersihkan adalah cache dan bukan file yang ada di smartphone.

Oleh karena itulah proses reboot benar-benar aman tanpa perlu melakukan backup.

Untuk cara mudah restart hp xiaomi kamu bisa ikuti cara dibawah ini.

 

1. Tekan tombol daya pada ponsel selama beberapa detik.

2. Tunggu hingga perubahan muncul di layar dan Anda dapat melihat beberapa pilihan menu. Anda dapat mengklik menu Restart atau Mulai Ulang.

3. Nyalakan kembali ponsel dan hidupkan kembali.

 

Pada beberapa tipe ponsel Xiaomi, setelah di-restart kembali, Anda harus memasukkan kata sandi untuk dapat masuk ke sistem ponsel. Namun ada juga yang bisa terhubung langsung ke sistem.

Jika sudah restart berarti proses reboot sudah selesai dan kinerja ponsel akan lebih ringan. Anda bisa mencoba membuka beberapa aplikasi yang sebelumnya sulit diluncurkan.

Jika ternyata masih ada masalah atau sistem tidak mau bekerja, berarti Anda harus mencoba cara lain yaitu reboot.

 

Berbagai cara untuk me-reboot ponsel Xiaomi

Reset artinya mengembalikan pengaturan sistem ke pengaturan pabrik. Jadi semua sistem akan reboot seperti pada pengaturan pabrik atau awalnya. Ada perbedaan yang sangat besar yang terjadi di sini.

Jika direset, berarti banyak data yang terhapus. Biasanya reset dilakukan pada ponsel yang akan dijual. Agar data pemilik sebelumnya tidak ketinggalan dan bisa diakses oleh orang lain.

Cara restart dan reboot HP Xiaomi berbeda-beda. Ada dua metode reboot yang tersedia yaitu hard reset dan factory reset. Keduanya tidak hanya me-reboot ponsel saja, tapi juga harus masuk ke sistem atau pengaturannya.

Hal yang perlu diingat saat melakukan reboot adalah menyiapkan baterai ponsel yang berkapasitas besar. Pasalnya, proses resetnya sedikit lebih lama sehingga memakan waktu lebih lama.

Sebaiknya siapkan charger agar proses reset berjalan sempurna.

Langkah-langkah cara restart hp xiaomi melalui tombol power

Cara pertama ini termasuk dalam hard reset dan mirip dengan reboot, cukup hidupkan tombol power pada ponsel.

Ingatlah bahwa karena Anda tidak menggunakan layar sentuh, Anda harus mengoperasikan tombol Volume Naik untuk naik dan tombol Volume Turun untuk turun. Cara lengkap untuk restart hp xiaomi adalah sebagai berikut :

 

1. Tekan tombol Daya dan Volume Naik

Langkah pertama adalah menekan tombol Power dan Volume Naik secara bersamaan. Biasanya ditekan beberapa detik hingga layar ponsel berubah. Anda akan melihat tampilan logo Xiaomi menyala.

 

2. Pilih menu Hapus data

Selanjutnya, Anda akan melihat menu Mode Pemulihan di layar. Ada banyak pilihan menu dan Anda perlu menekan Wipe data.

Namun untuk memilih menu ini, Anda harus menekan tombol volume atas atau bawah sehingga mengarahkan menu ke menu tersebut. Menu tidak dapat dipilih dengan menekan layar ponsel.

Jika Hapus data dipilih, untuk memilihnya, cukup tekan tombol Daya.

 

3. Pilih Hapus semua data

Langkah-langkah masih berlangsung untuk mengonfirmasi bahwa semua data telah dihapus. Anda akan menampilkan menu konfirmasi dan pembatalan setelah langkah kedua.

Tekan lagi tombol Volume Naik atau Turun untuk memilih menu konfirmasi. Untuk melanjutkan, cukup tekan tombol daya. Selebihnya tinggal menunggu proses berlangsung.

 

4. Kembali ke menu mode pemulihan

Jika data sudah dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah proses reset. Anda perlu kembali ke menu utama dengan memilih Kembali ke menu utama.

Caranya masih sama yaitu menekan tombol OK bersamaan dengan tombol power. Sedangkan untuk menjalankan opsi, cukup gunakan tombol volume atas dan bawah.

 

5. Proses reset ponsel Xiaomi

Pada tahap berikutnya Anda akan melihat beberapa pilihan menu reboot dan kemudian dilanjutkan ke menu reboot ke sistem.

 

Setelah melakukan langkah ini, ponsel akan masuk ke proses reboot otomatis.

Tunggu saja hingga ponsel Anda menyala dan akan kembali ke tampilan pabrik aslinya. Data yang disimpan sebelumnya juga akan hilang.

 

Langkah-langkah untuk me-restart ponsel Xiaomi Anda melalui menu pengaturan

Jika dirasa kurang praktis untuk melakukan restart hp xiaomi di atas, anda bisa mencobanya dengan masuk ke menu Setting. Semua ponsel Xiaomi dilengkapi dengan pengaturan reboot untuk dipilih.

Bagi yang lebih menyukai cara ini bisa mengikutinya di bawah ini.

 

1. Pertama masuk ke menu pengaturan

Anda perlu mencari menu Setting terlebih dahulu dan tentunya sudah tahu dimana letaknya. Selanjutnya pada halaman yang muncul, Anda bisa klik menu “About phone”.

Selanjutnya pilih menu Backup and reset untuk memulai proses.

2. Hapus semua data

Selanjutnya, pilih menu Hapus semua data atau reset pabrik.

3. Mulai proses reboot

Selebihnya tinggal pilih lagi menu Reset phone yang ada di bagian bawah.

 

Hingga langkah ketiga, Anda harus mengkonfirmasi kata sandi dan ID. Baru setelah itu ponsel akan memasuki tahap reboot. Tunggu saja sampai selesai.

Pada dasarnya proses reboot ini juga bisa dilakukan pada smartphone merk apapun. Hanya saja pilihan menu atau nama menunya sedikit berbeda.

Selain itu, sebagai persiapan agar tidak ada data yang hilang, Anda perlu menyimpan data penting di perangkat lain.

Anda bisa menggunakan GDrive yang menyediakan ruang penyimpanan online yang praktis. Baru setelah itu Anda bisa mulai mengikuti cara mudah restart HP Xiaomi Anda di atas.

Jika Anda memiliki ponsel merek lain, Anda juga dapat melakukan langkah yang sama jika ponsel Anda lambat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!