10 Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Mudah Diingat


Cara menghafal dengan cepat pastinya dibutuhkan oleh seseorang agar dapat menghafal sesuatu dengan mudah dan cepat untuk berbagai keperluan, misalnya saat menghadapi ujian, memberikan presentasi di kampus, membaca presentasi dan proposal di dunia kerja, dan lain sebagainya.

Namun cara menghafal cepat ini tidaklah mudah. Ada berbagai cara untuk melakukan ini sehingga Anda dapat menghafal dengan mudah dan cepat.

 

Cara Menghafal Dengan Cepat

Untuk mempelajari tips atau cara menabung dengan cepat, simak beberapa tips yang akan dibahas pada keseluruhan artikel di bawah ini.

 

1. Membaca Berulang atau Pengulangan

Cara cepat menghafal yang pertama adalah dengan membaca berulang kali atau mengulang sambil membaca. Cara ini sering dianggap basi di zaman kita karena dianggap membuang-buang waktu dan tidak efektif. Namun membaca berulang kali untuk menghafal dan memahami bacaan terbukti sangat efektif.

Dengan sering membaca dan sungguh-sungguh maka informasi yang diperoleh juga akan terserap dengan baik dan dapat memahami informasi yang didapat sehingga memudahkan anda dalam menghafal dan memahami pula isi informasi yang disampaikan di dalamnya.

Selain itu, sering mengulang informasi atau membaca dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek seseorang sehingga dapat membantu seseorang memiliki daya ingat yang lebih baik.

 

2. Tulis Informasi atau Catatan Penting

Cara kedua agar cepat melaksanakan hafalan adalah dengan menuliskan informasi atau catatan penting. Banyak orang sering membaca tetapi tidak menuliskan informasi atau catatan penting yang mereka temukan. Akhirnya, dia kehilangan informasi yang seharusnya dia ingat.

Catatan tersebut dapat berupa kata-kata kunci atau poin-poin penting dari bacaan atau penyajian yang dirasa penting. Catatan ini dapat ditulis di selembar kertas, aplikasi catatan, catatan di ponsel, tablet, dll.

Jadi, ketika Anda ingin membaca sesuatu dan ingin mengingat informasi yang ada di dalamnya, Anda harus menulis ulang atau Anda juga harus menulis catatan kecil yang berisi informasi penting yang perlu atau perlu Anda ingat. Catatan berisi informasi ini bisa menjadi andalan hafalan.

Misalnya ketika Anda harus mempresentasikan karya tulis di hadapan dosen atau di hadapan mahasiswa, Anda dapat mengacu pada catatan kecil yang berisi informasi yang dapat ditransfer dan diingat, kemudian dikembangkan dengan informasi yang telah Anda peroleh.

Dengan cara ini anda akan lebih mudah mengingat informasi dari apa yang telah anda baca bahkan anda dapat menghafalnya dengan cepat dan membantu dalam mengasah kemampuan atau daya ingat dalam pikiran anda serta mengembangkan daya berpikir anda.

Dalam banyak penelitian, salah satunya dilakukan di University of Washington Amerika Serikat, mengingat sesuatu dengan menuliskannya membuat seseorang memiliki daya ingat yang lebih baik.

Apalagi jika catatannya berbentuk titik-titik dan ditulis dengan warna berbeda, akan lebih mudah menghafalnya karena otak akan menyimpan memori lebih baik.

 

3. Tidak Mendadak

Ibarat belajar, sesuatu tidak bisa dihafal secara tiba-tiba. Jadi, jangan hanya menghafalkan bahan bacaan atau presentasi Anda satu hari atau malam sebelumnya. Hal ini memang tidak membuat mengingat sesuatu menjadi lebih mudah, namun justru akan membahayakan otak kita karena kita sedang terburu-buru.

Jika Anda mempunyai waktu lebih, pergunakanlah sebaik dan seefektif mungkin. Sebab, membaca sesuatu dan menghafalnya dalam jangka waktu lama akan jauh lebih efektif dibandingkan menghafal sesuatu dan membacanya secara tiba-tiba atau bahkan menggunakan “sistem kecepatan malam”.

Jadi, hindari “Sistem Kecepatan Malam” dan usahakan mulai menabung dalam jangka waktu yang lebih lama agar hasilnya efektif, ya!

 

4. Lakukan di Tempat yang Tenang/Sepi

Selain menggunakan tips membaca yang baik, cara cepat menghafal adalah dengan menata ruang dan suasana di sekitar kita. Salah satu caranya adalah dengan membuat lingkungan sekitar kita tenang dan tenteram. Membaca dan menghafal sesuatu di tempat yang tenang lebih efektif untuk menghafal sesuatu dengan cepat.

mengapa demikian? Ketika suasana atau ruang baca yang kita tempati sepi, otomatis kita akan lebih fokus. Ketika tingkat konsentrasi seseorang baik dan tinggi, maka akan mudah memahami apa yang ada di hadapannya, termasuk membaca. Selain itu, bacaan dan hafalan yang Anda lakukan akan lebih cepat masuk ke dalam ingatan dan pikiran Anda.

Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah dalam menghafal dan memahami isi bacaan yang ingin Anda hafal, bila Anda menghafal dengan membaca atau melakukan cara-cara menghafal lainnya di tempat sepi, dibandingkan dengan menghafal di tempat ramai atau di tengah keramaian. kerumunan orang.

 

5. Makan Makanan Berkualitas

Selain dari luar diri sendiri, agar cepat hafal juga memerlukan dukungan dari dalam diri sendiri. Sesuatu yang dapat Anda lakukan dan coba dorong diri Anda adalah dengan membiasakan mengonsumsi makanan berkualitas tinggi.

Apabila makanan yang kita konsumsi merupakan makanan berkualitas tinggi yang mengandung kandungan yang dibutuhkan otak, maka usaha Anda dalam menghafal akan lebih maksimal karena makanan yang baik dan baik juga memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan otak.

Untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan otak, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Selain itu, disarankan juga untuk membatasi makanan yang mengandung MSG dan gula berlebih karena dapat mengganggu konsentrasi dan sistem fungsi otak.

Di bawah ini adalah daftar makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membantu Anda memaksimalkan fungsi otak dan organ tubuh.

Ikan salmon, mackerel, tuna dan ikan laut lainnya kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mengasah daya ingat dan juga mengandung asam docosahexaenoic (DHA) yang penting untuk fungsi sel saraf.

Sayuran berwarna hijau tua, seperti bayam dan brokoli, mengandung sumber vitamin E dan asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak.

Apel mengandung zat kaya quercetin dan antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko penyakit Alzheimer, terutama pada kulit. Kandungan ini mampu meningkatkan daya ingat otak.

Kacang tanah dan selai kacang merupakan makanan yang tinggi lemak sehat dan juga mengandung vitamin E yang mencegah kemungkinan kehilangan memori dan bekerja dengan baik untuk meningkatkan daya ingat.

Blueberry mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak. Dapat meningkatkan daya ingat otak dan menghentikan perlambatan fungsi motorik dan keseimbangan, sehingga dapat mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat penuaan.

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak sehat yang membantu melancarkan aliran darah ke otak dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin E di dalamnya juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

 

6. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Anda juga harus cukup tidur dan istirahat untuk meningkatkan daya ingat Anda. Ketika Anda mendapatkan jam tidur dan istirahat yang cukup, otak Anda akan berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Selain itu, tidur dan istirahat yang cukup membantu menghilangkan stres dan kelelahan.

Tentunya jam tidur juga disesuaikan dengan usia, sebagai berikut:

• Anak sekolah (6-13 tahun) tidur 9-11 jam

• Remaja (14-17 tahun) tidur 8-10 jam

• Orang dewasa (18-64 tahun) tidur 7 sampai 9 jam.

 

7. Hindari Gangguan/Distraksi

Agar cepat menghafal, Anda juga perlu menghindari berbagai gangguan. Usahakan untuk menyimpan sesuatu pada tempat yang sesuai dan aman agar tidak menemui gangguan atau gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi.

 

8. Membaca dengan Bersuara

Meski cara ini terbilang cukup lama, namun membaca nyaring dan nyaring nyatanya efektif membantu Anda meningkatkan hafalan dengan cepat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 bahwa agar lebih cepat menghafal, seseorang harus membacanya dengan lantang dan nyaring.

 

9. Minta Teman untuk Menguji Kita

Untuk menjamin keakuratan hafalan anda, anda dapat bertanya kepada teman, keluarga, atau saudara anda untuk bertanya mengenai bahan bacaan yang telah anda baca dan hafal, dan mereka akan menguji anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada bahan bacaan tersebut.

Dengan cara ini Anda dapat mengevaluasi apakah Anda sudah hafal bacaannya dengan benar atau baru saja membacanya.

 

10. Buat Mind Map

Cara menghafal cepat yang terakhir adalah dengan menggunakan Mind Map. Cara ini membutuhkan kemampuan otak kanan yang meliputi imajinasi dan kreativitas, serta terhubung juga dengan pikiran bawah sadar agar Anda dapat mengingat sesuatu dengan mudah.

Cara melakukannya mudah. Anda dapat menyiapkan selembar kertas untuk mencoret-coret dan membuat Mind Map dengan menuliskan topik utama di tengah-tengahnya dan mengembangkannya dengan berbagai subtopik dari turunannya. Jangan lupa untuk menggunakan kata atau frasa yang mudah diingat untuk setiap subtopik yang Anda buat.

Bila perlu tambahkan ilustrasi dengan pensil warna atau spidol agar bacaan lebih mudah dipahami dan dihafal.

 

Demikianlan pembahasan mengenai tips-tips untuk menghafal. Semoga artikel ini dapat membantu sahabat semuanya. Terimakasih…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!