12 CARA AMPUH MENGUSIR LALAT DARI RUMAH


 

Musca locala (Lalat Rumah) merupakan lalat yang berasal dari Subordo Cyclorrhapha. Lalat ini diyakini berevolusi pada era Kenozoikum, mungkin di Timur Tengah, dan menyebar ke seluruh dunia sebagai spesies yang hidup bersama manusia.

Spesies ini merupakan jenis lalat yang paling sering ditemukan di rumah. Lalat rumah dewasa berwarna abu-abu sampai hitam dengan empat garis gelap di tubuh bagian atas, agak berbulu, dan mempunyai sepasang sayap berselaput.

Lalat rumah dapat membawa patogen pada tubuh dan kotorannya, mengkontaminasi makanan, dan berkontribusi terhadap penyebaran penyakit melalui makanan. Pada saat yang sama, mereka hadir dalam jumlah besar dan dapat mengganggu secara fisik. Oleh karena itu, lalat rumah dianggap sebagai hama.

Salah satu cara mengusir lalat dengan cepat adalah dengan menjaga kebersihan rumah, terutama di area yang mudah kotor.

Untuk mengetahui cara mengusir lalat lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

 

Cara Mengusir Lalat Dari Rumah

 

1. Membersihkan Rumah

Lalat umumnya hidup di tempat yang kurang bersih. Oleh karena itu, cara mengusir lalat adalah dengan menjaga kebersihan rumah.

Selain itu, hindari tempat lembab dan genangan air karena merupakan tempat berkembang biaknya lalat.

Bersihkan juga sisa makanan dan area dapur dengan cairan pembersih agar hasilnya maksimal.

 

2. Menghilangkan Bau Makanan Yang Menyengat

Pada dasarnya lalat menyukai bau makanan yang menyengat, seperti daging busuk dan buah segar.

Tak hanya itu, makanan yang disimpan di tempat yang tidak terjangkau juga bisa menarik perhatian lalat karena indra penciumannya yang sangat kuat.

Dalam hal ini, cara mengusir lalat dengan cepat adalah dengan menyimpan makanan tersebut di dalam wadah atau lemari es dan tidak meletakkannya di tempat terbuka.

 

3. Gunakan Semprotan Anti Lalat

Cara mengusir lalat lainnya adalah dengan menggunakan cairan semprotan anti lalat yang bisa  sobat beli di toko terdekat.

Alternatifnya,  sobat juga bisa membuat cairan pengusir lalat dengan mencampurkan secangkir air dengan bahan aktif isopropil alkohol dan sabun cuci piring.

Jika sudah tercampur rata, masukkan cairan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan beberapa kali langsung pada lalat untuk menghilangkannya.

 

4. Menyalakan Lilin

Sejak dahulu, lilin telah menjadi tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai cara mengusir lalat dengan cepat.

Maka tak heran jika banyak restoran yang menggunakan cara ini untuk mengusir lalat

Untuk mengaplikasikannya, cukup nyalakan lilin dan letakkan di wadah khusus berisi air.

Lalu nyalakan lilin dan pastikan lampu kamar dalam keadaan mati. Diketahui bahwa nyala api dapat menarik lalat untuk mendekat. Lalat tersebut kemudian terbakar, jatuh ke dalam air dan tenggelam.

Namun sebagai catatan, jangan gunakan lilin beraroma karena dapat merusak nafsu makan jika diletakkan di dekat makanan.

 

5. Pakai Perangkap Buah

Seperti yang telah kami sebutkan, lalat sangat tertarik pada bau yang menyengat, termasuk bau buah busuk.

Dalam hal ini, cara mengusir lalat adalah dengan membuat perangkap buah.

 sobat bisa menyiapkan toples atau botol plastik, buah busuk, dan plastik wrap. Selanjutnya masukkan beberapa buah busuk ke dalam toples/botol.

Selanjutnya buat lubang kecil pada plastik wrap agar lalat bisa masuk. Tunggu beberapa menit, dan bila lalat mulai berdatangan, segera tutup toples/botol agar lalat terjebak dan tidak bisa terbang.

 

6. Perangkap Cuka Apel

Cuka apel mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah mengusir lalat.

Campuran cuka sari apel, sedikit gula, dan beberapa tetes sabun cuci piring diketahui bisa menjadi perangkap lalat karena baunya yang menyengat.

Untuk melakukan ini, letakkan campuran di tempat yang biasa dihinggapi lalat. Nanti lalat akan datang karena tertarik dengan bau menyengat dari campuran cuka apel. Kemudian lalat itu akan tersangkut di dalamnya dan tenggelam.

 

7. Gunakan Asap dari Serai

Selain sering dijadikan bumbu dapur, daun serai juga bisa menjadi cara mengusir lalat dengan cepat.

Serai yang baunya tidak disukai lalat ini mudah ditemukan di toko terdekat.  sobat juga bisa menanamnya karena perawatannya relatif mudah.

Caranya juga sederhana, cukup letakkan lilin serai di atas meja agar lalat tidak mendekat.

 

8. Pancing Menggunakan Madu

Sama seperti cuka sari apel, aroma madu juga menarik perhatian lalat. Kandungan nutrisi ini lebih menarik perhatian lalat dibandingkan bau cuka sari apel.

Cara mengusir lalat ini bisa dilakukan dengan menuangkan madu ke dalam piring kecil.

Selanjutnya letakkan di tempat yang biasa didatangi lalat. Tunggu beberapa saat hingga lalat datang dan akhirnya terjebak oleh tekstur sarang lebah yang lengket.

 

9. Gunakan Minyak Esensial

Tahukah  sobat kalau aroma minyak esensial yang menenangkan ternyata menjadi musuh lalat?

Ya, beberapa tetes minyak esensial berupa peppermint, rosemary, lavender, dan eucalyptus dipercaya bisa menjadi cara mengusir lalat. Bahkan, bau kapur barus yang menyengat mampu mengusir lalat dalam sekejap.

Caranya adalah dengan menempatkan wewangian pada tempat yang sesuai, yaitu tidak dekat dengan makanan, untuk menjaga cita rasa makanan.

 

10. Menanam Tanaman Pengusir Lalat

Selain bentuknya yang lucu, bunga marigold, catnip, dan marigold juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir serangga, termasuk lalat.

Oleh karena itu,  sobat bisa menanamnya di rumah sebagai cara mengusir lalat secara alami.

Daun bunganya selalu menunggu mangsanya dengan mengeluarkan bau menyengat yang menarik serangga, seperti lalat.

Sementara itu, bunga catnip dan marigold diam-diam bisa mengelabui lalat, yang tampak mengeluarkan bau menyengat untuk mengusirnya.

 

11. Merebus Daun Kemangi

Ada banyak bau yang tidak disukai lalat, salah satunya adalah bau daun kemangi. Pada dasarnya bau daun kemangi yang tidak diolah bisa menjadi cara mengusir lalat.

Namun daun kemangi yang direbus dinilai lebih efektif membuat lalat kurang nyaman berada di sekitarnya.

Untuk mengaplikasikannya,  sobat bisa meletakkan daun kemangi rebus di dekat makanan yang akan disajikan.

Nah, berikut sederet cara mengusir lalat yang bisa  sobat lakukan, mulai dari membersihkan rumah, hingga menggunakan daun kemangi yang direbus.

 

12. Menanam Serai

Serai merupakan tanaman herbal yang ampuh mengusir lalat. Lalat tidak menyukai bau daun serai yang sedikit menyengat. Serai sangat mudah untuk ditanam, karena tanaman ini bisa ditanam dalam pot di rumah. Serai juga sering digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Selain serai, masih banyak tanaman lain yang bisa digunakan untuk mengusir lalat dan nyamuk atau bahkan menangkal polusi.

 

Itulah beberapa cara mengusir lalat yang bisa  sobat lakukan di rumah. Selain cara-cara di atas,  sobat juga harus menjaga kebersihan rumah agar lalat di dalam rumah lebih sedikit. Kami harap semua pembahasan di atas bermanfaat bagi  sobat, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!