Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Sepatu Saat Belanja Online??


Belanja online sangat praktis, cepat dan hemat. Namun saat berbelanja online, Anda juga perlu berhati-hati. Apalagi dari segi ukuran, salah satunya adalah ukuran sepatu.

Banyak orang yang belum memahami cara mengukur sepatu dan menentukan sepatu mana yang cocok untuknya. Apakah Anda mengalami kebingungan yang sama? Perlukah panduan agar tidak salah memilih ukuran sepatu? Ternyata begini cara menentukan ukuran sepatu saat belanja.

Berikut Cara Mengukur Ukuran Sepatu dan Mengenali Sepatu saat Berbelanja Online

Menentukan ukuran sepatu saat belanja online memang mudah dan sulit. Apalagi karena Anda tidak menyentuh sepatu secara fisik seperti biasanya membelinya di toko sepatu atau mall. Ada berbagai cara mengukur ukuran sepatu yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli sepatu. Jangan asal-asalan dalam memilih, karena trik memilih sepatu online ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Ukur Ukuran Kaki Anda di Sore Hari

Ternyata ukuran kaki bisa berubah-ubah lho! Jadi, waktu terbaik untuk mengukur ukuran kaki adalah pada sore hari. Kaki mencapai ukuran paling elastis dan bugar di sore hari. Ukuran ini dianggap paling tepat untuk menentukan ukuran sebenarnya.

2. Gambarlah Jejak Kaki Anda di Atas Kertas untuk Menentukan Panjang Kaki Anda

Langkah pertama ambil kertas biasa berukuran besar, bisa menggunakan kertas A4 atau kertas gambar lainnya. Letakkan kaki Anda di atas kertas, lalu cetak bentuk tapak kaki Anda berdasarkan bentuknya menggunakan pensil atau pulpen.

Saat menggambar bentuk jejak kaki, sebaiknya Anda berada di permukaan datar dengan posisi duduk atau jongkok. Setelah Anda menggambar jejak kaki Anda di selembar kertas, langkah selanjutnya adalah proses pengukuran.

3. Ukur Panjang Kaki dengan Menggunakan Pita Pengukur atau Penggaris

Jejak kaki Anda di selembar kertas sudah lengkap, dan sekarang Anda bisa mengukur panjang kaki Anda menggunakan penggaris atau meteran. Tarik lurus dimulai dari bagian atas dan bawah kaki serta tumit.

Ukur panjang dan lebar kaki Anda dengan tepat. Kurangi sekitar 3/16 inci dari setiap angka untuk memberikan jarak antara kaki dan sepatu. Dengan langkah ini, Anda akan mengetahui panjang dan lebar kaki Anda.

4. Lihat Tabel Ukuran Standar Internasional Untuk Berbagai Jenis Ukuran Sepatu

Beberapa merek, khususnya merek sepatu internasional, terkadang mencantumkan ukuran yang tidak biasa. Misalnya UK 6 dan lain-lain. Sehubungan dengan itu anda tinggal mengecek ukuran standar internasionalnya dan menyesuaikannya dengan ukuran sepatu anda, misalnya ukuran kaki anda adalah 23cm yang berarti ukuran 36, artinya setara dengan UK size 6 untuk ukuran US dan Kanada.

5. Menentukan Ukuran Sepatu Berdasarkan Panjang Kaki dengan Menggunakan Standar Ukuran Sepatu yang ada

Anda sudah mengetahui panjang dan lebar kaki Anda, selanjutnya Anda tinggal melihat standar ukuran sepatu saat ini. Daftar ukuran sepatu yang biasa digunakan antara lain Size 36 : 23,5 cm, Size 37 : 23,5 cm, Size 38 : 23,8 cm, Size SS 39 : 24,5 cm, Size 40 : 25,1 cm, Size 41 : 10,4 cm, Size 42 : 26,5 cm. 43 : 27,5 cm, Ukuran 44 : 28,5 cm, Ukuran 45 : 29,5 cm. Jadi, setelah Anda mengetahui ukurannya, Anda tinggal memilih ukuran dan sepatu yang ingin Anda beli.

6. Ukur Sepatu Menggunakan Fitur Zoom

Memilih sepatu di toko online memang sedikit beresiko, karena Anda tidak mencoba sepatu tersebut secara langsung. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memilih toko online yang memiliki fitur zoom pada setiap detail produknya. Lebih baik lagi, toko harus memiliki foto produk dari berbagai sudut. Jadi, selain bisa memperkirakan apakah sepatu tersebut cocok atau tidak dengan ukuran kaki Anda, Anda juga bisa mengecek bahan, bahan, dan warna sepatu tersebut.

7. Lihat Gambar Sepatu yang Dikenakan Model

Saat membeli sepatu secara online, pastikan Anda menerima detail produk dengan benar. Selain fitur zoom, Anda juga mungkin bisa membayangkan seperti apa tampilan sepatu tersebut saat dikenakan oleh sang model. Misalnya, jika Anda melihat foto wanita berkaki panjang mengenakan sepatu hak tinggi dengan ujung terbuka, perhatikan apakah sepatu tersebut cocok untuk kaki kecil Anda atau tidak.

Belahan jari kaki atau penempatan tali ditunjukkan apakah pas atau tidak dengan kaki model. Ini sebenarnya bukan standar, tapi bisa menjadi poin penting saat membeli sepatu secara online.

8. Beda Model, Beda Ukuran Sepatu

Setelah Anda memutuskan jenis atau model sepatu apa yang ingin Anda beli, ada baiknya juga mengetahui bahwa model yang berbeda berarti ukuran sepatu yang berbeda pula. Misalnya saja jika ingin membeli flat shoes, ukurannya tidak harus sama dengan saat membeli sneakers.

Begitu pula saat membeli sepatu platform FILA yang sebenarnya berbeda ukuran dengan sepatu Nike. Agar tidak salah membeli sepatu di toko online, usahakan memilih toko yang menjamin pengembalian produk jika terjadi kesalahan ukuran sepatu. Jadi kamu tidak bingung kan?

9. Perhatikan Komentar/Review Pelanggan Lain

Selain mengecek ukuran sepatu secara detail, ada baiknya juga memperhatikan review pelanggan yang sudah membeli sepatu yang Anda incar. Toko online berkualitas tinggi biasanya memiliki kolom feedback. Seringkali jika ukuran tidak sesuai dengan yang tertera di kolom detail, pelanggan akan komplain atau berkomentar. Jadi, sebelum membeli pastikan sepatumu memiliki review yang bagus agar tidak tertipu!

10. Apakah Anda Masih Ragu? Tanyakan pada Customer Service

Anda sudah melakukan pengukuran kaki, melihat sepatu secara detail melalui foto, atau mencatat komentar pelanggan mengenai sepatu yang ingin Anda beli. Tapi Anda masih merasa tidak aman? Tidak ada salahnya meminimalisir kesalahan dengan bertanya atau berkonsultasi dengan customer service.

 

Mengenai ukuran kaki dan sepatu yang akan dibeli atau mengenai gambar sepatu asli atau berbeda karena efek pencahayaan. Anda juga bisa merujuk pada salah satu merek sepatu yang sudah Anda koleksi lalu menanyakan apakah ukuran sepatu tersebut sesuai dengan model sepatu yang Anda inginkan.

Anda sudah tidak bingung lagi kan?  Bagaimana cara menentukan ukuran sepatu saat belanja online?

Kami harap artikel ini bisa membantu.

Terima kasih...


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!