Cara Ampuh Usir Nyamuk, Dijamin Manjur!

Nyamuk adalah musuh hampir semua orang. Suara dengungnya saja sudah bisa mengganggu konsentrasi, apalagi jika mengenai tangan, kaki, atau bahkan wajah. Lama kelamaan kulit akibat gigitan serangga menjadi gatal. Tidur malam menjadi terganggu.

Ini kalau yang menggigit hanyalah nyamuk biasa. Bagaimana jika nyamuk yang mengganggu menyebabkan demam berdarah? Tentu saja bisa berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya gatal, juga bisa berakibat fatal, yakni kematian.

Cara mengusir nyamuk di rumah secara umum biasanya menggunakan obat semprot atau obat nyamuk bakar. Namun, bahan-bahan tersebut mengandung bahan kimia yang tidak nyaman untuk dihirup.

Meski permasalahan nyamuk dapat ditemukan di seluruh dunia, namun di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, nyamuk diketahui dapat hidup lebih lama dan sama baiknya pada kondisi iklim basah maupun kering. Hal ini karena iklim tropis menyediakan segala yang dibutuhkan nyamuk untuk bertahan hidup, termasuk akses mudah ke sumber air dan kelembapan.

Untungnya, Kawan tidak perlu selalu menutup pintu atau jendela untuk menghindari gigitan nyamuk, karena kami telah menyiapkan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi masalah banyaknya nyamuk di rumah Kawan.

Biar nggak repot lagi, simak penjelasan cara mengusir nyamuk di tempat terbuka berikut ini!

 

Cara ampuh mengusir nyamuk di rumah

1. Hilangkan Genangan Air

Air yang tergenang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk dan mereka sangat membutuhkannya untuk melengkapi siklus hidupnya. Kebanyakan spesies nyamuk bertelur dan menetaskannya langsung di genangan air yang mudah ditemukan di sekitar properti Kawan.

Nyamuk betina dewasa berkembang biak dalam jumlah besar (sekitar 100-400 telur), dan menetas hanya dalam waktu 48 jam untuk memulai tahap larva (tergantung suhu air).

Lihatlah ke sekeliling properti Kawan, dan cobalah untuk menyingkirkan benda apa pun yang dapat menjadi sumber genangan air.

 

2. Pastikan Air Kolam Terus Mengalir

Nyamuk bertelur di genangan air, jadi jika Kawan memiliki kolam ikan di rumah, Kawan perlu memastikan bahwa air di kolam tersebut terus mengalir atau bergerak.

Perlengkapan air kolam seperti fitur air mancur atau pengaduk air akan membantu mengurangi kemungkinan nyamuk bertelur di genangan air – karena larva hanya dapat bertahan hidup di genangan air.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kolam Kawan dari tumbuhan dan tumbuhan liar yang umumnya tumbuh di sekitar tepi kolam ikan.

 

3. Pasang Jaring Serangga pada Jendela dan Pintu

Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghilangkan nyamuk sepenuhnya dari rumah dan pekarangan Kawan, penting untuk memastikan bahwa semua jenis nyamuk berbahaya ini tetap berada di luar setiap saat.

Memasang tirai serangga pada jendela dan pintu tidak hanya akan mencegah nyamuk dan serangga lain memasuki rumah Kawan, namun juga merupakan cara ideal untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah – bahkan jika Kawan harus membuka jendela dan pintu.

 

4. Tanam Tanaman yang tidak Disukai Nyamuk

Selain menambah keindahan taman Kawan, menanam beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk adalah cara termudah dan termurah untuk mengurangi kemungkinan terlalu banyak nyamuk di rumah Kawan secara alami.

Ada banyak tanaman dengan bau yang sangat menyengat yang tidak disukai banyak serangga, dan sering digunakan sebagai pengusir nyamuk yang kuat di rumah.

Berikut contoh tanaman yang tidak disukai nyamuk:

  • Serai
  • Lavender
  • Rosemary
  • Catnip
  • Salep Lemon
  • Geranium
  • Kemangi
  • Daun Mint

 

5. Pastikan Selokan Tetap Bersih

Penting untuk selalu menjaga selokan tetap bersih dan bebas dari kotoran. Tidak hanya penting sebagai bagian dari pemeliharaan rumah, tetapi ketika dedaunan dan kotoran lainnya dikeringkan, tempat ini menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk.

 

6. Pakai Aroma terapi Pengusir Nyamuk

Gunakan aroma terapi yang memiliki aroma khas yang dapat mengusir nyamuk. Kawan bisa menggunakan aromaterapi dengan aroma cengkeh, rosemary, serai, kayu manis, atau mint. Kawan juga bisa menggunakan irisan serai untuk mengusir serangga tersebut. Potong serai dalam mangkuk, lalu letakkan di bawah kasur atau di sudut ruangan yang banyak nyamuk. Aroma serai bertahan lebih lama dan membuat serai semakin kering. Semakin kuat wangi yang dikeluarkannya. Tak hanya serai, kulit jeruk kering juga bisa Kawan aplikasikan untuk mengusir nyamuk.

 

7. Jaga Kebersihan Tempat Sampah

Tumpukan sampah yang kotor dan berantakan menjadi tempat favorit nyamuk.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kotak kotoran juga bisa menjadi salah satu cara mengusir nyamuk di ruang outdoor lainnya.

Selain menjaga kebersihannya, pastikan selalu tutup tempat sampah tertutup rapat agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalamnya.

Dengan menjaga kebersihan sampah, Kawan dapat mengurangi tempat bersarangnya nyamuk.

 

8. Gunakan Kapur Barus

Kamper atau kapur barus mampu menghilangkan bau menyengat dan efektif mengusir nyamuk. Tempatkan kapur barus dalam mangkuk berisi air dan ganti air setiap 2-3 hari.

 

9. Gunakan Semprotan Bawang Putih

Aroma bawang putih yang menyengat mampu mencegah gigitan nyamuk dan membuat area tersebut bebas nyamuk. Untuk melakukan ini, hancurkan beberapa siung bawang putih dan panaskan dalam air mendidih. Setelah dingin, tuangkan cairan bawang putih ke dalam botol semprot dan semprotkan ke seluruh rumah.

 

10. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Nyamuk suka mengumpulkan karbon dioksida. Penumpukan karbon dioksida dari manusia terjadi karena sirkulasi udara yang tidak lancar.

 

11. Memelihara Ikan

Menggabungkan unsur alam juga bisa menjadi alternatif cara mengusir nyamuk di luar ruangan.

Memelihara ikan di kolam atau wadah air di halaman belakang dapat membantu mengurangi populasi nyamuk.

Pasalnya, beberapa spesies ikan seperti sirene atau ikan mas memiliki kebiasaan memakan jentik nyamuk.

Dengan memelihara ikan ini, Kawan bisa mengurangi jumlah nyamuk yang berkembang biak di sekitar rumah.

 

Nah, berikut sederet cara mengusir nyamuk yang bisa Kawan lakukan.

Nyamuk suka hinggap di area yang berbau manusia, apalagi jika area tersebut kotor dan lembap.

Oleh karena itu, Kawan perlu menerapkan beberapa cara di atas agar nyamuk tidak menggigit Kawan dan orang di sekitar Kawan.

Kami harap artikel ini membantu Kawan membasmi nyamuk di rumah teman Kawan.”

Terima kasih..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!