Cara Cepat Menumbuhkan Rambut dengan Mudah

 

Rambut rontok merupakan masalah umum bagi kebanyakan orang. Jika Sobat juga mengalami hal ini, jangan anggap remeh rambut rontok. Soalnya rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan yang tentunya bisa mengganggu penampilan.

Agar keadaan tidak bertambah parah, Sobat harus mengetahui cara menumbuhkan rambut yang benar. Yuk, temukan tips yang bisa dilakukan agar rambut tumbuh sehat.

 

1. Membersihkan Kulit Kepala Sobat dengan Benar

Untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, Sobat perlu membersihkan kulit kepala secara teratur. Disarankan untuk mencuci rambut secara rutin agar folikel rambut bebas minyak.

Selain itu, mencuci rambut secara rutin juga dapat menghilangkan sisa produk rambut dan radikal bebas. Dengan cara ini, area kulit kepala menjadi lebih sehat sehingga rambut tumbuh dengan baik.

Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Sobat, seperti sampo dan kondisioner yang mengandung bahan lembut.

 

2. Lengkapi Asupan Nutrisi Rambut

Salah satu cara mempercepat pertumbuhan rambut adalah dengan memenuhi nutrisi tertentu. Memenuhi nutrisi dapat mempercepat pertumbuhan rambut dari dalam.

Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Bila zat besi kekurangan, kondisi ini dapat menyebabkan anemia yang berujung pada kerontokan rambut.

Untuk itu, Sobat perlu mencukupi kebutuhan zat besi, vitamin D, vitamin B, zinc, dan asam lemak omega-3 agar rambut cepat tumbuh.

 

3. Eksfoliasi Kulit Kepala

Disampaikan oleh dr. Jia Pratama, eksfoliasi kulit kepala dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini dilakukan dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.

Beliau menjelaskan: “Tetapi belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa eksfoliasi kulit kepala secara langsung dapat mempercepat pertumbuhan rambut.”

Jika ingin melakukannya, Dr. Jia menyarankan untuk menggunakan produk khusus eksfoliasi kulit kepala yang mengandung bahan lembut, seperti gula dan garam, sebagai exfoliant.

 

4. Pakai Serum/Minyak Esensial

Tidak hanya wanginya yang harum, berbagai minyak esensial seperti minyak jojoba, minyak lavender, dan minyak peppermint juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Faktanya, minyak rosemary juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Pasalnya, minyak ini mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mencegah kekurangan darah pada folikel rambut. Hal ini juga dapat menghindari kerontokan rambut.

Hal ini telah dibuktikan secara langsung oleh penelitian yang dilakukan oleh Skinmed Journal. Pemberian minyak rosemary dilaporkan dapat meningkatkan jumlah rambut secara signifikan.

 

5. Memijat Kulit Kepala

Ternyata memijat kulit kepala juga bisa menjadi salah satu cara menumbuhkan rambut lebih cepat.

Dengan memijat lembut kulit kepala, pembuluh darah di bawah kulit bisa terstimulasi, sehingga rambut tumbuh lebih tebal dan kuat. Hal ini tentunya dapat mencegah rambut patah atau rusak.

Caranya, cobalah memijat lembut kulit kepala dan memberikan tekanan dengan gerakan memutar agar hasilnya maksimal.

 

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya bisa menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, lidah buaya juga mampu menenangkan kulit kepala dan rambut.

Sobat bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan rambut Sobat. Lakukan secara rutin ya.

 

7. Hindari Paparan Panas

Panas yang dihasilkan dari pelurus rambut atau pengering rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut. Ada baiknya untuk menghindari paparan panas dari alat penata rambut.

Jika alat styling sulit dihilangkan, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan rambut yang dapat melindungi rambut dari panas. Gunakan produk ini sebelum menggunakan alat penata rambut.

 

8. Potong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Dengan cara ini, ujung rambut bercabang bisa hilang dan tidak menyebar lebih jauh ke bagian bawah helai rambut. Secara alami, hal ini dapat mencegah rambut rusak.

Sobat tidak perlu khawatir dengan rambut pendek, karena rambut akan tetap tumbuh 0,35 mm setiap harinya.

 

9. Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menembus batang rambut untuk mencegah hilangnya protein pada rambut.

Cukup oleskan minyak kelapa ke seluruh kepala Sobat, dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lalu pijat perlahan hingga minyak kelapa mampu menembus permukaan kulit.

Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa.

 

10. Sisir Rambut Sobat dengan Benar

Menyisir rambut secara rutin merupakan salah satu hal yang perlu Sobat lakukan untuk memiliki rambut sehat. Namun, pastikan Sobat menyisir rambut dengan cara yang benar.

Jangan pernah menyisir rambut saat masih basah karena rambut rentan patah. Tunggu hingga rambut Sobat benar-benar kering, baru Sobat bisa menyisirnya. Mulailah menyisir dari ujung rambut, lalu sisir rambut secara perlahan hingga ke akar.

 

11. Hindari Stres

Saat Sobat merasa stres, ternyata hal ini bisa menyebabkan rambut rontok. Pasalnya, stres bisa membuat folikel tidak berfungsi dengan baik sehingga rambut tidak tumbuh.

Untuk itu, Sobat bisa mengelola dan mengatasi stres dengan menulis jurnal, berolahraga, atau istirahat.

 

12. Hindari Diet Ketat

Menurut dokter kulit dari Columbia University Medical Center, Dr. Lindsay Burdon, ada beberapa hal yang bisa dihindari penyebab gangguan pertumbuhan rambut, salah satunya adalah tidak menjalani diet ketat.

Pola makan yang ketat dapat mengurangi asupan makanan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Berdasarkan penelitian praktis dan konseptual Departemen Dermatologi, kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi struktur dan pertumbuhan rambut.

 

13. Lengkapi Asupan Protein Sobat

Mengonsumsi makanan kaya protein merupakan salah satu hal penting yang harus Sobat jaga jika ingin rambut cepat tumbuh. Disarankan untuk mengonsumsi 50 gram protein setiap hari.

Usahakan makan daging tanpa lemak, ikan, seafood, tahu, tempe, telur, keju, kedelai, dan produk susu.

 

14. Minum Obat dengan Resep Dokter

Minoxidil adalah obat yang dapat menumbuhkan kembali rambut rontok. Meski obat jenis ini bisa dibeli secara gratis, ada baiknya Sobat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Selain itu, dokter mungkin juga akan meresepkan obat Spironolactone dan Finasteride untuk mengatasi masalah rambut rontok.

 

15. Perawatan PRP

Ada beberapa metode yang mungkin disarankan dokter untuk mempercepat pertumbuhan rambut, salah satunya adalah terapi platelet-rich plasma (PRP).

Dokter akan menyuntikkan plasma darah ke dalam folikel rambut dengan alat khusus. Prosedur ini dapat membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut yang tidak aktif.

 

Ada banyak cara cepat menumbuhkan rambut yang pasti akan memudahkan Sobat mencobanya. Jika Sobat masih ragu, jangan ragu untuk langsung menghubungi dokter.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!