Cara Mudah Ganti Password Wifi Sendiri

 

Anda pasti sempat panik karena lupa password WiFi bukan? Biasanya setelah mencoba beberapa kali, Anda akan menemukan cara untuk mengubah password WiFi agar bisa diakses kembali.

Pada dasarnya, mengubah password WiFi penting untuk menjaga keamanan dan privasi pemegang akun, terutama jika ada informasi pribadi yang terlibat. Tujuan menyetel kata sandi WiFi dan mengubahnya secara berkala adalah untuk mencegah orang lain menggunakan jaringan WiFi Anda dan mencuri informasi dan data melalui jaringan. Namun sebelum kita membahas cara mengganti password WiFi, tahukah anda apa yang dimaksud dengan WiFi? Berikut penjelasannya!

 

Apa itu wifi?

Wifi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti komputer, ponsel cerdas, tablet, dan perangkat lainnya, terhubung ke Internet atau jaringan komputer secara nirkabel. Singkatan “Wi-Fi” sebenarnya berasal dari “Wireless Fidelity.” Wi-Fi memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan tanpa memerlukan kabel fisik.

Beberapa ciri utama teknologi Wifi antara lain:

 

Nirkabel

Wifi menggunakan gelombang radio untuk mengirim data antar perangkat dan titik akses (router) yang terhubung ke jaringan. Ini menghilangkan kebutuhan akan kabel fisik.

 

Akses mudah

Wifi memungkinkan perangkat terhubung ke Internet atau jaringan lokal dengan cepat dan mudah. Hal ini memungkinkan fleksibilitas untuk menggunakan perangkat di lokasi berbeda tanpa perlu terhubung melalui kabel.

 

Kecepatan variabel

Kecepatan koneksi Wifi berbeda-beda tergantung jenis jaringan dan perangkat yang digunakan. Wifi 6 (802.11ax) merupakan salah satu standar terbaru yang memberikan kecepatan lebih cepat dibandingkan standar sebelumnya.

 

Jangkauan sinyal

Jangkauan sinyal Wifi bergantung pada berbagai faktor, termasuk kekuatan sinyal router Anda dan interferensi dari objek atau perangkat lain. Biasanya, jaringan Wifi bisa menjangkau beberapa puluh meter dari router.

 

perlindungan

Wifi dapat dilindungi dengan kata sandi atau protokol keamanan seperti WPA2 atau WPA3 untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan Anda.

 

Penggunaan luas

Wi-Fi dapat digunakan di rumah, kantor, tempat umum (seperti bandara, kafe, hotel), bahkan di transportasi umum.

 

Kemudahan ekspansi

Anda dapat menambahkan lebih banyak perangkat ke jaringan Wifi Anda dengan relatif mudah tanpa harus memasang kabel tambahan.

 

Mobilitas

Wifi memungkinkan perangkat bergerak bebas di area yang dilayani jaringan tanpa kehilangan koneksi.

 

Cara mengubah kata sandi wifi

Ada banyak cara untuk mengganti password WiFi, bisa menggunakan web browser, laptop, dan kini bisa menggunakan ponsel dan aplikasi yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, yuk pelajari cara mengubah kode WiFi di bawah ini!

1. Cara mengganti password wifi lewat laptop

Laptop merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengubah password WiFi. Berikut cara mengganti password WiFi lewat laptop atau PC.

  • Pastikan laptop atau PC yang Anda gunakan terhubung dengan jaringan WiFi yang ingin Anda ubah passwordnya.
  • Akses browser web Anda dan buka “192.168.11” atau “192.168.0.1” atau dengan mengakses nomor konfigurasi router Anda. Alamat IP dapat dilihat pada buku manual router, cari secara online menggunakan merk dan model router yang Anda miliki atau dapat dilihat pada bagian belakang router pada kolom alamat pada aplikasi browser.
  • Ketikkan nama pengguna dan kata sandi, jika tidak diubah, gunakan format default yang dapat ditemukan di manual router.
  • Setelah masuk, buka Pengaturan dan cari “Nirkabel” atau “Keamanan Nirkabel”, lalu cari opsi Ubah kata sandi Wi-Fi.
  • Isikan password baru, pastikan sulit ditebak agar proteksinya kuat. Saat Anda membuat kata sandi baru, gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus serta hindari penggunaan informasi pribadi yang mudah ditebak, seperti ulang tahun.
  • Simpan pengaturan dan keluar dari pengaturan router.


2. Cara mengubah kata sandi Wi-Fi melalui ponsel

Cara mengganti password WiFi lewat HP Android atau iPhone sangatlah mudah. Banyak jaringan wifi sekarang menyediakan aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel, jadi cukup masuk ke aplikasi dan masuk ke pengaturan untuk mengubah kata sandi Anda saat ini.

 

  • Cara mengubah kata sandi Wi-Fi melalui browser seluler

  1. Buka browser Anda dan buka 192.168.1.1
  2. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda yang dapat ditemukan dengan melihat bagian belakang router atau di manual
  3. Buka menu "Jaringan" dan pilih "WLAN"
  4. Cari “Frasa Sandi WPA” untuk mengubah kata sandi
  5. Ketik kata sandi baru
  6. Pilih Kirim untuk menyimpan

 

  • Cara mengganti password Wifi Indihome lewat aplikasi

Password WiFi Indihome kini bisa diubah melalui ponsel. Berikut cara mengganti password Indihome lewat ponsel:

  1. Buka aplikasi Rumah Indy Saya
  2. Pergi ke pengaturan
  3. Pilih Ubah Kata Sandi
  4. Ketik kata sandi baru
  5. Klik Ubah Kata Sandi lagi
  6. Verifikasi melalui SMS dan masukkan kode yang dikirim melalui SMS ke aplikasi

 

  • Cara mengganti password wifi menggunakan cisco

Kata sandi juga dapat diubah melalui CISCO. Yuk pelajari langkah-langkah cara mengganti password WiFi menggunakan CISCO!

  1. Buka browser dengan laptop atau perangkat Android Anda dan buka 168.1.1 dan enter
  2. Akses dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda
  3. Pilih nirkabel untuk mengubah kata sandi wifi
  4. Pilih Pengaturan Nirkabel Dasar dan pilih Keamanan Nirkabel
  5. Ketik kata sandi baru
  6. Kirim untuk menyelesaikan perubahan kata sandi WiFi

 

Apakah Anda sekarang memahami pentingnya mengubah kata sandi WiFi? Dengan berbagai risiko yang dapat terjadi ketika seseorang mendapatkan akses ke jaringan WiFi Anda, cara mengubah kata sandi WiFi penting untuk diketahui. Pastikan keamanan WiFi Anda dan data yang ada terlindungi dengan mengatur kata sandi dan mengelola keamanan akun.

 

Pentingnya mengubah kata sandi Wi-Fi

Masih banyak yang menganggap tidak penting mengganti password WiFi, namun dengan rutin mengganti password WiFi, perlindungan diri bisa tetap terjaga lho. Sebaliknya, dengan tidak rutin mengganti password WiFi, maka keamanan pemilik akun akan semakin terancam.

Kini banyak kejahatan yang bisa dilakukan hanya dengan memiliki akses jaringan WiFi. Nah, bayangkan jika seseorang berhasil melakukan tindakan kriminal seperti mencuri data karena jaringan wifi yang tidak terlindungi dengan baik? Tentu saja membuat frustrasi karena kejadian ini sebenarnya bisa dicegah dengan manajemen keamanan akun yang lebih baik.

Tidak mengamankan jaringan dan data Anda adalah alasan utama meningkatnya kejahatan dunia maya dan berkembangnya industri keamanan TI.

Berikut beberapa penjelasan mengapa mengubah password WiFi itu penting:

 

WiFi baru terpasang

Jaringan WiFi yang baru dipasang masih memiliki pengaturan default atau terprogram. Pengaturan kata sandi default mudah diketahui oleh banyak orang, sehingga tidak ideal untuk keamanan WiFi.

Setelah menginstal WiFi, pastikan untuk segera mengganti password dengan tingkat kesulitan yang disarankan, namun mudah diingat oleh pemegang akun.

Kata sandi administrator untuk berbagai merek router biasanya memiliki pengaturan default yang hampir sama, sehingga mudah untuk diketahui.

       Nama pengguna: admin, kata sandi: admin

       Nama pengguna: pengguna, kata sandi: pengguna

Dengan perlindungan yang tidak memadai, jaringan WiFi menjadi semakin rentan terhadap peretasan. Jika terjadi peretasan, pemilik jaringan WiFi dapat kehilangan akses ke jaringan tersebut dan memerlukan bantuan teknisi Internet Service Provider (ISP).

 

Mencegah akses jaringan diretas

Pembajakan akses jaringan bisa jadi penyebab WiFi lemot lho. Jika lebih banyak orang yang menggunakan jaringan, maka jaringan akan menjadi lebih lambat.

Orang lain di luar rumah dapat mendeteksi jangkauan internet yang luas, jadi penting untuk memiliki kata sandi WiFi yang kuat untuk mencegah peretasan akses jaringan yang memungkinkan orang lain menggunakan jaringan WiFi pribadi secara gratis.

 

Amankan jaringan dan data Anda dari pencurian

Ketika sebuah wifi diretas, pemilik wifi tidak hanya mengalami kerugian karena orang lain menggunakan wifi tersebut secara gratis, tetapi juga menghadapi risiko karena ancaman terhadap data dan informasinya.

Untuk mencegah kerusakan, pastikan jaringan Anda aman dengan menetapkan kata sandi dengan tingkat kesulitan yang disarankan. Selanjutnya, pastikan Anda mengelola akun Anda dengan memeriksa ancaman dan mengubah kata sandi setiap beberapa bulan agar kata sandi Anda tidak mudah diidentifikasi atau ditebak.

 

Stabilitas koneksi

Seperti yang sudah dijelaskan, peretasan WiFi dapat memperlambat jaringan WiFi Anda. Hal ini karena semakin banyak orang menggunakan jaringan, semakin banyak bandwidth yang dibagikan.

Misal bandwidth awalnya 10Mbps saat digunakan oleh satu orang, maka ketika ada yang bergabung menggunakan jaringan tersebut, otomatis akan terbagi 2 yaitu 5Mbps.

Pastikan untuk memasang password pada jaringan WiFi untuk mencegah orang tak dikenal bergabung ke jaringan WiFi dan mengganggu kestabilan koneksi WiFi.

 

Amankan router 

Jika seseorang mendapatkan akses ke jaringan WiFi Anda secara ilegal, hal ini dapat menimbulkan ancaman terhadap keamanan router Anda. Pastikan router Anda bebas gangguan dengan mengubah kata sandi WiFi Anda secara teratur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!