Cara Screenshot di Laptop, Mudah dan Cepat

Screenshot bisa menjadi pilihan tepat untuk mengabadikan momen atau informasi yang kita dapatkan di layar laptop atau PC kita. Lantas, bagaimana cara screenshot di laptop dengan cepat dan praktis?

Fitur Screenshot merupakan fitur yang membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Dengan menggunakan fitur ini, teman dapat dengan cepat menyimpan hal-hal penting dan menarik ke perangkatnya.

Misalnya saat mengikuti kelas online melalui Zoom dan Google Meet atau saat rapat bisnis, biasanya kita ketinggalan jika ingin mencatat semua informasi yang disajikan satu per satu. Di sinilah fitur screenshot berperan untuk membantu teman dan menyalin data.

Lantas, bagaimana cara mengambil screenshot di laptop? Simak tutorialnya di bawah ini!

 

1. Tombol PrtSc

Cara pertama ini sangat mudah, cukup tekan tombol PrtSc (Print Screen) satu kali, maka hasil screenshot akan disimpan ke clipboard. Kemudian, Sahabat sekalian tinggal menekan Ctrl + V (paste) pada file, Paint, Google Docs, atau Microsoft Word untuk melihat hasilnya.

Fitur ini berfungsi pada banyak model dan tipe laptop.

 

2. Tombol Alt + PrtSc

Saat Sahabat sekalian menekan Alt + PrtSc secara bersamaan, Sahabat sekalian dapat mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif. Kombinasi tombol ini hanya akan menangkap jendela aktif tanpa menyertakan wallpaper. Hal inilah yang membedakan fungsi tombol Alt+PrtSc dengan cara sebelumnya.

Untuk melihat dan menyimpan hasilnya, Sahabat sekalian perlu menempelkannya ke aplikasi lain karena tangkapan layar secara otomatis disimpan ke clipboard.

 

3. Tombol Alt + Fn + PrtSc

Pada beberapa komputer, kombinasi tombol Alt + PrtSc biasanya tidak berfungsi sendiri. Nah sahabat sekalian bisa coba tekan tombol Alt + Fn + PrtSc.

 

4. Tombol Windows + PrtSc

Metode ini diterapkan pada Windows XP, tetapi tidak lagi diperbarui. Saat ini, Sahabat sekalian dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11 series.

Kelebihan tombol ini adalah screenshot Sahabat sekalian akan otomatis tersimpan di direktori C:Users[username]/PicturesScreenshots. Jadi Sahabat sekalian tidak memerlukan aplikasi lain lagi.

Untuk memeriksanya, cukup buka File Explorer (Windows + E), lalu pilih folder gambar di panel sisi kiri (panel navigasi). Di folder ini, Sahabat sekalian dapat melihat gambar screenshot yang Sahabat sekalian ambil.

 

5. Tombol Windows + Shift + S (Snip and Sketch)

Kombinasi tombol ini biasa digunakan oleh pengguna laptop Windows 10. Untuk mengaktifkan fitur Snip & Sketch, gunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Windows + Shift + S. Kombinasi tombol ini akan mengubah layar perangkat Sahabat sekalian menjadi abu-abu dan kemudian kursor berubah menjadi simbol plus (+). Artinya, Sahabat sekalian dapat mengambil tangkapan layar tertentu hanya dengan mengeklik dan menyeret.

Cara ini mirip seperti saat kita ingin memotong gambar. Bagian layar yang direkam akan berubah menjadi warna cerah. Setelah selesai, screenshot akan muncul di pojok kanan bawah layar laptop atau komputer Sahabat sekalian. Untuk menyimpannya, teman-teman juga bisa beralih ke aplikasi lain.

 

6. Tombol Windows + Shift + S (Snipping Tool)

Snipping Tool adalah bagian dari Windows (aplikasi bawaan) yang pertama kali diperkenalkan di Windows Vista. Dengan aplikasi ini, format tangkapan layar yang diambil bisa dalam berbagai bentuk, misalnya bentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif saja, atau bahkan layar penuh.

Untuk menggunakannya, Sahabat sekalian bisa memasukkan kata kunci “Snipping Tools” di menu Start. Setelah aplikasi terbuka, ketuk opsi Baru dan pilih area tangkapan layar. Setelah itu, Sahabat sekalian bisa langsung menyimpan screenshot tersebut atau mengambil kembali screenshot tersebut jika dirasa kurang oke.

 

7. Tombol daya + Volume Up

Cara ini digunakan untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10 dengan perangkat Microsoft Surface. Dengan menekan tombol Power atau Power Windows, screenshot Sahabat sekalian akan disimpan di folder Pictures > Screenshots.

 

8. Tombol Windows + Volume Down

Untuk mengambil tangkapan layar bagi pengguna Windows Surface (tablet 2-in-1) atau versi lebih lama, Sahabat sekalian dapat menggunakan metode ini. Untuk melakukan ini, cukup tekan kombinasi tombol Windows + Volume Turun. Setelah layar menjadi gelap beberapa saat, hasil screenshot akan otomatis tersimpan ke folder Screenshot.

 

9. Tombol Windows + G (Game Bar)

Fitur Game Bar yang ditawarkan Windows 10 memungkinkan para gamer yang ingin mengambil screenshot atau tangkapan layar game Windows. Sebelum menggunakan Game Bar, Sahabat sekalian harus terlebih dahulu membuka aplikasi Xbox, yang merupakan fitur bawaan Windows 10.

Selanjutnya, cari opsi Game DVR. Kemudian klik “Ambil tangkapan layar dengan Game DVR” atau gunakan kombinasi tombol virtual Windows + G. Sahabat sekalian juga dapat mengubah dan memasukkan kombinasi tombol yang Sahabat sekalian inginkan untuk membuka Game Bar.

Saat Sahabat sekalian ingin mengambil tangkapan layar, tekan tombol yang Sahabat sekalian tetapkan, lalu klik Ya, ini permainan jika muncul. Kemudian aktifkan ikon kamera dan tekan tombol Windows + Alt + PrtSc untuk mengambil screenshot. Untuk hasilnya, lihat C:Users[nama user]VideoCaptures.

 

10. Tombol Fn + Windows

Cara ini digunakan untuk laptop yang tidak memiliki tombol PrtScn, singkatan dari Microsoft. Untuk mengambil tangkapan layar, tekan Fn + Windows + Spasi. Tangkapan layar akan otomatis disimpan di folder Gambar > Tangkapan Layar.

 

11. Tombol Shift + Command + 4

Dilansir dari laman support.apple.com, cara ini bisa digunakan oleh pengguna MacBook atau komputer Apple yang menjalankan Mac OS. Untuk mengambil screenshot, Sahabat sekalian perlu menekan tombol-tombol secara berurutan, lalu gerakkan kursor sambil menekan spasi untuk memilih area yang ingin Sahabat sekalian simpan.

 

12. Tombol Shift + Command + 3

Masih diberitakan halaman yang sama, cara ini digunakan untuk menyimpan seluruh layar MacBook karena dengan menggunakan kombinasi tombol ini maka seluruh layar akan terekam. Untuk mengeditnya, sahabat sekalian hanya perlu tap thumbnail yang muncul di pojok layar MacBook. Namun jika screenshot tidak perlu diedit, biarkan saja dan screenshot akan tersimpan secara otomatis.

 

Hasil Tangkapan Layar

Umumnya, Sahabat sekalian dapat menemukan tangkapan layar di File > Pictures > Screenshot. Untuk tangkapan layar dalam bentuk video, Sahabat sekalian dapat menemukannya di VideoCaptures. Kombinasi tombol tertentu mengharuskan kita menempelkan tangkapan layar ke clipboard di aplikasi lain.

Jadi demikianlah cara untuk melakukan Screenshot di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!