Tutorial Memperbaiki Bug MIUI 13 pada Xiaomi Redmi Note 10 Series

 

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara memperbaiki bug di MIUI 13 di Xiaomi Redmi Note 10 series, perlu diketahui bahwa admin juga merupakan pengguna Redmi Note 10S sejak pertama kali dirilis di Indonesia, maka dari itu inilah tutorial memperbaiki bug di MIUI 13 adalah hasil percobaan dan  pengalaman saya dan banyak pengguna xiaomi lainnya, ada yang berhasil dan ada pula yang tidak, karena banyaknya tipe ponsel xiaomi dengan kebiasaan penggunaan dan kondisi software yang berbeda-beda yang baru saja diupdate. ke MIUI 13.

Setelah membaca postingan resmi mengenai Kumpulan Bug pada MIUI 13 Redmi Note 10 series beberapa waktu lalu, kali ini resmi akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi bug tersebut atau setidaknya mengurangi dampak bug dari MIUI 13 di Redmi Note 10. seri.

Sebagai pengguna ponsel Xiaomi pastinya sering kali anda menemui bug atau cacat pada suatu fitur karena software yang belum matang. Seperti yang kita ketahui, MIUI sebagai sistem operasi yang dibuat oleh Xiaomi hampir setiap tiga bulan sekali selalu melakukan pembaruan terhadap perangkat lunaknya, namun (mungkin) karena mengejar jadwal rilis, pembaruan MIUI seringkali dilakukan selain menghilangkan bug pada versi sebelumnya. , dan seringkali juga menambahkan bug baru yang sangat berbahaya bagi pengguna.

Nah berikut adalah beberapa cara atau trik untuk mengatasi beberapa bug MIUI 13 khususnya pada seri Xiaomi Redmi Note 10 keatas, yang artinya bug MIUI 13 ini paling banyak muncul pada perangkat yang sebelumnya menggunakan versi MIUI 12, sedangkan pada perangkat yang menjalankan MIUI 13 sejak dirilis dari pabriknya masih terasa aman-aman saja.

 

1. Aplikasi Sering Crash/Lag

Bug: MIUI 13 dari segi tampilan dan fitur terlihat lebih baik dan lebih baru dari versi sebelumnya, dan pembaruan yang seharusnya memberikan tampilan baru harus hilang karena aplikasi sering crash atau lag saat digunakan. Beberapa aplikasi sering crash bahkan terhenti dengan sendirinya seperti Facebook, TikTok, YouTube, Instagram, Game Online Mobile Legends dan aplikasi sejenis yang terhubung ke Internet saat digunakan.

Cara memperbaikinya: Caranya adalah dengan menghapus cache yang terkumpul pada aplikasi yang mengalami crash, dan jika sering lag, Anda juga dapat menghapus data aplikasi. Pilih ikon aplikasi yang relevan dan tahan hingga muncul tiga menu, lalu pilih menu Info aplikasi, gulir ke bawah dan pilih Hapus data dan hapus cache. Harap dicatat bahwa cache adalah log atau data sementara sedangkan data aplikasi berisi informasi login yang mungkin penting, jadi gunakanlah dengan bijak dan pastikan untuk membuat cadangan aplikasi dengan informasi login sebelum Anda memutuskan untuk menghapus data aplikasi.

 

2. Performa Gaming Menurun

Kesalahan: Siapa yang tidak suka game? Hampir semua pengguna smartphone pasti mempunyai game favorit di ponselnya. Namun apa jadinya jika Anda sedang bermain game dan tiba-tiba game tersebut lag dan tidak bisa dipindahkan atau disuspend? Seringkali suara game tiba-tiba hilang setelah mengetik sesuatu di keyboard atau sekadar melirik daftar notifikasi.

Cara Mengatasinya : Caranya adalah dengan mematikan Game Turbo dan mematikan fitur Virtual RAM, cara ini mungkin terkesan sangat aneh karena kedua fitur ini akan meningkatkan performa ponsel dalam pengolahan grafis sehingga game dapat berjalan lebih lancar. Namun nyatanya dengan mematikan Game Turbo v12, game MLBB dan PUBG terasa jauh lebih stabil. Anda dapat melakukannya dengan menghapus game dari daftar Turbo Games. Sedangkan untuk mematikan fitur VM, cukup masuk ke Pengaturan lalu cari Pengaturan tambahan, pilih Tambah Memori lalu matikan fitur tersebut. Nyalakan ulang ponsel sesuai kebutuhan.

 

3. Fitur Telepon Dan Whatsapp Sering Terganggu

Bug : Sebenarnya fitur telepon adalah jantungnya dialer smartphone, namun yang terjadi setelah update ke MIUI 13, ketika melakukan atau menerima panggilan melalui telepon atau WhatsApp/WA sering kali mengalami masalah suara terputus-putus bahkan tidak bisa. terdengar di telepon lain atau penerima, sedangkan suara lawan bicara kita masih terdengar jelas. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, apalagi bagi mereka yang menggunakan aplikasi WA untuk bekerja.

Cara Mengatasinya: Caranya dengan menggunakan perangkat tambahan seperti headphone atau TWS, hal ini mungkin terkesan merepotkan dan menambah repot karena harus membawa perangkat tambahan saat keluar rumah, namun cara ini diyakini mampu mengatasi pemadaman listrik yang terputus-putus. . Kualitas telepon. Mau tidak mau hal ini harus dilakukan karena sepertinya bug MIUI 13 ini ada kaitannya dengan penerimaan sinyal radio yang kurang optimal.

 

4. Aplikasi Telepon Dan Kontak Hilang

BUG: Moderator TEKNOTenar.com sendiri baru-baru ini mengalami hal ini, yaitu setelah reboot, ikon aplikasi ponsel menghilang secara misterius, dan tidak hanya itu, aplikasi panggilan bawaan Xiaomi juga tiba-tiba tidak dapat dibuka dan muncul tulisan “Saya telah menonaktifkan izin yang diperlukan” muncul.

Cara memperbaikinya: Cara tersebut tidak cukup untuk menghapus cache atau menghapus data, namun memerlukan beberapa modifikasi pada izin aplikasi. Pertama pilih aplikasi Kontak dan tekan terus ikon tersebut hingga muncul tiga menu lalu pilih Info Aplikasi, hapus cache dan data seperti biasa lalu di menu yang sama masuk ke Izin Aplikasi lalu Izinkan Riwayat Panggilan. Setelah itu kembali ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi, lalu Kelola Aplikasi. Temukan aplikasi bernama “Layanan Telepon” dan hapus cache dan datanya. Cari lagi aplikasi yang bernama “Launcher” lalu hapus kembali cache dan datanya seperti semula. Terakhir, restart ponsel Anda. Setelah restart, aplikasi Telepon akan muncul kembali dan Kontak dapat digunakan kembali.

Untuk no 4 admin punya video khusus buat sobat yang mengunjungi TEKNOTenar.com, silahkan tonton lalu paste Cara Mengatasi Aplikasi Ponsel Hilang di MIUI 13 :

Jika tidak menemukan hasil yang diinginkan, Anda juga bisa mendownload Google Contact di PlayStore, dan selain memiliki fitur yang sama, juga terasa lebih simpel dan ringan untuk digunakan.

 

5. Fitur NFC Dan Giroskop Seringkali Tidak Berfungsi

Error: Fitur NFC pada sebuah smartphone menjadi sangat penting sejak diperkenalkan beberapa tahun lalu. Redmi Note 10S juga memiliki fitur ini dan berfungsi dengan baik di MIUI 12 namun mulai mengalami masalah saat update ke MIUI 13, selain fitur Gyro yang sangat populer di kalangan pengguna. Pemain, game PUBG dan Battle Royale serupa. Bagi yang belum tahu, gyroscope bisa membantu pemain mengontrol karakter dan mengarahkan senjata dengan lebih baik, namun belakangan ini banyak pengguna Redmi Note 10S yang mengeluhkan fitur gyroscope yang gila, lemot, dan terkadang tidak berfungsi sama sekali saat diaktifkan.

Cara memperbaikinya: Sebelum melanjutkan, perlu ditekankan bahwa sebaiknya Anda mencoba kembali cara 1 dan 2 terlebih dahulu, namun jika masih tidak berhasil maka Anda perlu mengupgrade perangkat, yaitu menjual atau membuang perangkat dengan jumlah banyak. Salah satu kesalahannya adalah membeli ponsel dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan dalam hal ini Samsung Galaxy A52s sepertinya bisa menjadi pilihan yang tepat. Awok3x..... Maaf gan, di point nomor 5 ternyata hanya bonus saja :)

Intinya, meski begitu, pengguna Xiaomi di seluruh dunia mengharapkan tindakan cepat dari pengembang Xiaomi untuk segera memperbaiki bug yang ada di MIUI 13 agar basis penggemar yang sudah terbentuk kuat tidak dirugikan di kemudian hari, khususnya di Indonesia. Pindah ke merek biru.

Namun ada juga spekulasi bahwa Xiaomi sengaja memasang beberapa bug di ponsel lawasnya melalui pembaruan OTA agar pengguna bisa beralih ke ponsel Xiaomi tipe lebih baru.

Nah mungkin kali ini tutorial cara memperbaiki error MIUI 13 di perangkat Xiaomi Redmi Note 10 Series yang bisa saya bagikan. Semoga membantu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!