Tutorial Menulis Artikel yang Baik, Benar dan Menarik


Sebagai seorang pemula tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara menulis artikel yang baik, benar dan menarik untuk dibaca. Pada dasarnya sebuah artikel bisa dikatakan bagus jika informasi yang ada di dalamnya mudah dipahami oleh pembacanya sobat.

Apakah Anda tertarik menjadi penulis konten tetapi masih ragu dengan kemampuan menulis Anda? Tenang saja, yuk simak tips dari Jagoan Hosting berikut ini tentang cara menulis artikel yang baik dan benar.

8 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Tanpa disadari, hampir semua orang saat ini menjadi penulis yang baik karena terbiasa menulis kata-kata di media sosialnya. Namun, pandai menulis belum tentu kamu punya sistem menulis yang bagus, sobat.

Sedangkan untuk hosting Jagwan ada beberapa cara menulis artikel yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan Outline Artikel (Ide, Topik, Topik)

Pertama, cara menulis esai yang baik dan benar adalah dengan menguraikan isinya terlebih dahulu. Dalam hal ini, outline memuat gagasan, pokok bahasan, dan pokok bahasan yang hendaknya sesuai dengan sasaran pembaca.

Anda bisa memulainya dengan mengingat topik yang menarik perhatian Anda. Setelah Anda mempunyai ide, Anda bisa mulai menyusun tema dengan cara yang menarik dan unik. Terlepas dari topiknya, Anda harus memilih topik tertentu untuk menarik lebih banyak minat pembaca.

Semakin spesifik topik Anda, semakin jelas target pembaca Anda.

Jika Anda kesulitan mencari topik, Anda bisa melakukan riset kata kunci SEO menggunakan beberapa website yang tersedia seperti SEMrush, Ubersuggest, Ahrefs, dan Google Trends.

 

2. Siapkan Kerangka

Selanjutnya cara menulis esai yang baik dan benar adalah dengan menyiapkan outline. Pasalnya, membuat outline sebuah esai merupakan hal yang esensial dan penting untuk dilakukan, terutama bagi penulis pemula.

Kerangka karangan memuat kerangka karangan yang disusun secara sistematis, logis, jelas, teratur dan teratur. Pembuatan kerangka karangan akan membantu dalam penulisan agar arah penulisan teratur dan mencegah penulis berhenti di tengah jalan karena kebingungan.

Anda dapat membuat kerangka dalam bentuk peta pikiran atau daftar dengan poin-poin paragraf pembuka, subjudul, dan paragraf penutup. Jangan lupa perhatikan komponen 5W+1H saat membuat outline ya sobat.

 

3. Carilah Referensi yang Terpercaya

Ketiga: Cara menulis artikel yang baik dan benar adalah dengan mencari referensi yang terpercaya. Penting untuk diingat bahwa dalam menulis artikel, diperlukan sumber yang jelas dan referensi yang benar.

Ketika Anda memberikan referensi yang terpercaya, pembaca tidak akan meragukan kredibilitas artikel yang Anda tulis.

Selain itu, sebaiknya sertakan juga sumber referensi yang Anda gunakan dalam artikel agar pembaca merasa ada validasi atas informasi yang mereka peroleh.

 

4. Tulislah Secara Singkat, Jelas, dan Tanpa Kebingungan

Dalam menulis artikel, kamu harus menggunakan kalimat-kalimat yang efektif, mudah dipahami, dan to the point ya sobat. Kurangi pengulangan kata untuk memanjangkan esai atau menambah jumlah kata karena membuat kalimat tertulis sulit dipahami dan membosankan.

Salah satu tips menulis artikel yang baik adalah memuat informasi dengan kata-kata yang jelas sehingga pembaca dapat menemukan pemahaman yang maksimal. Idealnya, satu artikel berisi 500 hingga 1.000 kata.

 

5. Tulislah Paragraf yang Pendek Namun Langsung pada Intinya

Perlu diketahui bahwa penulisan paragraf berdampak pada pembaca artikel Anda selanjutnya. Cara menulis esai yang baik dan benar, seperti paragraf yang langsung pada intinya akan mendorong pembaca untuk terus membaca hingga akhir.

Jika Anda menulis paragraf pertama dengan menarik tanpa terlalu panjang, artikel Anda akan memiliki nilai lebih bagi minat membaca pembaca. Sebaliknya, jika Anda memasukkan berbagai kalimat yang tidak pantas untuk dibahas, maka penulisan esai Anda akan dipertanyakan.

 

6. Menambahkan Keterangan pada Gambar, Tabel, atau Grafik

Cara menulis artikel yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan menambahkan beberapa deskripsi gambar, tabel atau grafik yang dapat mendukung pembahasan artikel tersebut.

Terkait hal tersebut, Anda dapat menambahkan beberapa visualisasi agar pembaca lebih nyaman dengan visual gambar, tabel, atau grafik.

Penggunaan grafik tidak hanya membuat gambar lebih mudah bagi pembaca, tetapi juga dapat menjadi daya tarik bagi mereka untuk tertarik pada artikel.

 

7. Tulislah Judul yang Menggugah Rasa Penasaran Anda

Menulis judul yang menggugah rasa penasaran merupakan salah satu tips menulis artikel yang bagus. Meski terdengar sederhana, penulisan judul artikel yang menggugah rasa penasaran terbukti memberikan dampak besar bagi pembaca.

Ketika pembaca melihat judul yang menimbulkan tanda tanya, mereka cenderung membuka artikel tersebut untuk mendapatkan jawabannya.

Jadi, sebaiknya hindari membuat judul yang sangat panjang dan rumit karena situs juga merekomendasikan hal ini saat menulis artikel yang akan dipublikasikan.

Coba bandingkan judul artikel “Tips Beli HP Murah dan Berkualitas Tanpa Rugi” dengan “Cara Mendapatkan HP dengan Harga Terbaik”.

Dari kedua judul tersebut, kalimat judul pertamalah yang lebih menarik bukan? Pasalnya, judul pertama memuat cerita yang menggugah rasa penasaran pembaca dibandingkan judul kedua yang terkesan lebih ketat.

 

8. Berlatih Menulis Secara Rutin

Tips terakhir untuk menulis esai yang baik adalah dengan berlatih keras dan teratur. Anda harus memahami bahwa Anda tidak bisa menjadi ahli secara instan hanya dengan menulis satu artikel.

Anda perlu berlatih secara rutin agar tulisan Anda semakin baik dan berdampak lebih besar bagi pembaca.

Dengan memulai rutinitas, menulis artikel tidak lagi menjadi beban bagi Anda, melainkan menjadi kebiasaan baru tanpa Anda sadari.

Untuk berlatih menulis dengan sungguh-sungguh, Anda bisa membiasakan menulis artikel pendek ringan di media sosial atau blog pribadi tanpa harus menyelesaikan artikel panjang.

Nah sobat, itulah beberapa tips dan cara menulis artikel yang baik, benar dan menarik di mata pembaca. Tips di atas cocok untuk Anda yang ingin maju sebagai pemula dalam dunia menulis. Selamat mencoba dan jangan lewatkan tips serupa lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!