TUTORIAL TIDUR CEPAT!!!


Susah tidur atau insomnia mempunyai arti yang berbeda-beda, bisa berupa sulit tidur, sering terbangun tengah malam atau dini hari, dan tidak bisa tidur kembali. Kondisi ini akan membuat Anda menjadi kurang aktif dan kurang termotivasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Ada beberapa cara cepat tertidur yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Yuk simak pembahasannya pada artikel selanjutnya!

Tips agar cepat tertidur yang bisa Anda coba

Insomnia atau sulit tidur merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Sebab jika tidak, waktu istirahat malam tidak akan terpenuhi dan pada akhirnya berdampak buruk pada kondisi kesehatan. Agar kualitas tidur tetap baik, sobat bisa mencoba cara berikut agar cepat tertidur.

 

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama

Cara pertama adalah dengan menerapkan jadwal tidur yang disiplin. Caranya adalah dengan selalu tidur dan bangun pada waktu yang sama seperti biasanya. Hal ini akan membuat tubuh terbiasa dengan waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

 

2. Hindari berinteraksi dengan barang elektronik sebelum tidur

Cara cepat tertidur berikutnya adalah dengan menghindari interaksi dengan perangkat elektronik setidaknya 1,5 jam sebelum tidur malam. Jika Anda bangun dini hari, usahakan untuk tidak menyalakan ponsel. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan ponsel dapat menyebabkan penurunan produksi hormon melatonin sehingga dapat mengganggu tidur.

 

3. Tidak mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu

Sebaiknya hindari makan makanan tinggi lemak sebelum tidur. Pasalnya, hal ini bisa membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mengolah lemak. Efeknya tentu saja bisa membuat sobat jadi sulit tidur. Selain itu, hindari meminum minuman berkafein tinggi seperti kopi sebelum tidur karena dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam.

 

4. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur dipercaya dapat membantu tubuh lebih rileks. Dengan cara ini, sahabat juga bisa lebih cepat merasa ngantuk dan tidur lebih pulas.

 

5. Makan makanan yang mengandung karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah sedang juga diyakini akan memudahkan tubuh untuk tertidur. Pasalnya, karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar hormon triptofan yang dapat membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

 

6. Gunakan metode pernapasan 4-7-8

Metode 4-7-8 merupakan metode pernapasan yang dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil. Cara pernapasan sederhana ini bisa menenangkan dan membuat Anda rileks. Metode ini didasarkan pada teknik pengendalian pernapasan yang dipelajari dari yoga dan terdiri dari pola pernapasan yang dapat mengendurkan sistem saraf. Sahabat bisa melakukan hal ini kapan saja, entah sedang merasa cemas atau stres. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, letakkan ujung lidah Anda di belakang gigi depan atas.
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda.
  • Tutup mulut Anda, dan tarik napas melalui hidung hingga empat detik.
  • Kemudian tahan napas Anda selama tujuh detik.
  • Buka mulut Anda dan buang napas sepenuhnya melalui mulut selama delapan detik.
  • Ulangi siklus ini tiga kali.
  • Teknik ini dapat membuat tubuh rileks dan merupakan cara yang baik untuk tertidur lebih cepat.

 

7. Berlatih yoga dan meditasi

Saat sedang stres, beberapa orang cenderung lebih sulit tidur. Berlatih yoga atau meditasi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

Selain itu, kedua hal tersebut terbukti meningkatkan kualitas tidur. Yoga dapat mengatur pola pernapasan dan gerakan tubuh yang mampu melepaskan ketegangan dan stres.

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2014 di National Library of Medicine menunjukkan bahwa yoga dapat memberikan efek positif pada kualitas, efisiensi, dan durasi tidur. Sedangkan meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin dan membantu otak mencapai keadaan tertentu yang dapat membuat Anda cepat tertidur.

 

8. Hindari tidur siang

Secara umum, akibat kurang tidur pada malam hari, penderita gangguan tidur cenderung mengantuk pada siang hari dan sering tertidur pada jam tersebut. Terdapat perbedaan pendapat mengenai pengaruh tidur siang terhadap aktivitas tidur malam hari. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa tidur siang setidaknya dua jam atau lebih dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk di malam hari bahkan dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang meneliti 440 siswa, ditemukan bahwa kualitas tidur malam hari terburuk terjadi pada siswa yang tidur siang tiga kali atau lebih dalam seminggu, mereka yang tidur siang lebih dari dua jam, dan mereka yang tidur siang lebih dari dua jam. jam. Lebih dari dua jam: Mereka yang tidur antara jam 6 sore dan 9 malam. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of National Center for Biotechnology Information menyimpulkan bahwa tidur siang menyebabkan durasi tidur malam yang lebih pendek dan efisiensi tidur yang lebih rendah pada siswa sekolah menengah.

 

9. Dengarkan musik

Mendengarkan musik dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis seperti insomnia. Sebuah studi Pengobatan Komplementer dan Alternatif tahun 2014 terhadap 24 anak muda menemukan bahwa musik yang menenangkan dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Penelitian lain pada 50 orang menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan musik menenangkan sekitar 45 menit sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Selain itu, sahabat juga bisa melakukan terapi gelombang otak atau pengobatan herbal agar cepat tertidur. Misalnya saja mengonsumsi daun kratom yang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah tidur.

Anda juga bisa meminum secangkir susu coklat hangat sebelum tidur untuk membuat Anda mengantuk. Jika berbagai cara yang dijelaskan sebelumnya tidak dapat mengatasi kesulitan tidur yang Anda derita, sebaiknya Anda mulai mencari pengobatan medis.

 

Posisi tidur yang bermanfaat bagi kesehatan

Posisi tidur dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri. Oleh karena itu, sahabat harus mengetahui beberapa posisi tidur yang baik yang wajib dilakukan setiap kali tidur agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Sahabat mungkin mempunyai posisi tidur favorit yang mereka pilih setiap malam, meski terkadang berubah dari waktu ke waktu. Posisi tidur yang Anda anggap nyaman bisa jadi tidak membuat tubuh Anda merasakan kondisi terbaik saat bangun di pagi hari. Teman mungkin menderita sakit leher atau sakit punggung akibat masalah postur ini.

Faktanya, seseorang yang tidak menggunakan postur tidur yang baik juga bisa menghadapi gangguan pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah tidur, seperti apnea tidur obstruktif. Ia juga menyebutkan bahwa posisi tidur yang buruk dapat memperlambat proses keluarnya racun dari otak.

Oleh karena itu, sahabat harus memahami beberapa postur tubuh yang baik yang sebaiknya dilakukan setiap kali tidur demi menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa situasi yang dapat dilakukan dengan penjelasannya!

 

1. Posisi tidur menyamping

Salah satu posisi tidur yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah posisi menyamping. Sangat disarankan untuk melakukan pose ini setiap malam, terutama pose miring ke kiri. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan mendengkur, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan dapat mengurangi timbulnya sakit maag.

Namun, belum tentu tidak ada efek buruk dari tidur miring. Tidur miring dapat menyebabkan kekakuan pada bahu dan bagian tubuh lainnya. Diketahui juga bahwa tidur miring dapat menyebabkan kerutan. Oleh karena itu, diperlukan situasi alternatif lain agar berbagai dampak buruk tersebut dapat dihindari.

 

2. Berbaring telentang

Posisi tidur baik lainnya yang bisa Anda lakukan setiap malam adalah posisi berbaring. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika tidur dengan posisi ini. Tidur telentang dikatakan dapat melindungi tulang belakang dan membantu meredakan nyeri pinggul dan lutut. Posisi ini dapat menjaga tubuh tetap sejajar dengan tulang belakang, sehingga mengurangi tekanan yang dapat diberikan pada punggung dan persendian.

Namun posisi ini tidak cocok bagi mereka yang menderita masalah sleep apnea ketika pernapasan tiba-tiba terhenti. Selain itu, posisi berbaring juga akan menyulitkan seseorang yang mengalami gangguan punggung. Oleh karena itu, meski posisi berbaring bermanfaat saat tidur, namun penyesuaian terhadap kesehatan tubuh juga harus diperhatikan.

 

3. Tengkurap 

Banyak orang tidak tidur tengkurap karena sering merasa tidak nyaman. Namun posisi tidur ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki masalah mendengkur atau sleep apnea. Namun posisi ini bisa menyebabkan sakit punggung dan punggung. Oleh karena itu, Anda mungkin mengalami nyeri otot dan merasa lelah. Namun sobat bisa mengatasinya dengan meletakkan bantal di perut bagian bawah agar nyeri pada punggung berkurang.

 

Penutup

Kurang tidur bisa membuat tubuh terasa lelah dan sulit berkonsentrasi. Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, tidur yang cukup sangatlah penting.

Mendapatkan waktu tidur yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu tidur yang cukup setiap hari, karena tidur merupakan aktivitas yang sangat penting dan perlu bagi manusia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Langkah yang Bisa Mengubah Hidupmu

Langkah Awal Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Pasang AC Baru Sendiri Tanpa Bantuan!